Bagikan:

JAKARTA - BUMN konstruksi dan investasi, PT PP (Persero) Tbk (PTPP), berhasil menyelesaikan pembangunan proyek Dermaga IV Pelabuhan Penyebrangan Merak-Bakauheni.

Proyek pembangunan dermaga tersebut diresmikan oleh Budi Setiyadi selaku Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan. Acara peresmian tersebut turut dihadiri secara langsung oleh M. Toha Fauzi selaku Direktur Operasi 2 dan Pande Ketut selaku SVP Divisi Infrastruktur 2 Perseroan.

Selain itu, dhadir juga Direktur Utama PT ASDP (Persero) Ira Puspadewi, Direktur Utama PT Jasa Raharja (Persero) Budi Rahardjo, Kapolda Banten Irjen. Polisi Drs. Fiandar, Walikota Cilegon Edi Ariadi.

Acara peresmian tersebut dilaksanakan di Dermaga Merak, Banten pada hari Senin 12 Oktober dan diklaim menerapkan protokol kesehatan COVID-19 secara ketat. Proyek pembangunan Dermaga IV Pelabuhan Penyebrangan Merak-Bakauheni dimiliki oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) dengan masa pelaksanaan proyek selama 365 hari kalender.

Dermaga IV Merak memiliki kapasitas 6.000-10.000 Gross Register Tonnage (GRT) dengan tipe dermaga Breasting Dolphin dan panjang dermaga 120 meter. Sedangkan, Dermaga IV Bakauheni memiliki kapasitas 6.000-10.000 GRT dengan tipe dermaga Quay Wall dan panjang dermaga 150 meter.

"Perseroan dipercaya oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) untuk membangun Dermaga IV Pelabuhan Penyebrangan Merak dan Bakauheni. Pelaksanaan pembangunan dermaga tersebut dapat diselesaikan tepat waktu oleh PTPP sesuai dengan yang ditargetkan. Dengan beroperasinya pelabuhan dermaga IV Merak-Bakauheni diharapkan dapat mengakomodir arus Natal dan Tahun Baru," ujar M. Toha Fauzi selaku Direktur Operasi 2 PTPP dalam keterangan tertulisnya, Selasa 13 Oktober.

Sementara itu, Budi Setiyadi selaku Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan berharap dengan pengoperasian dermaga tersebut dapat membantu tugasnya untuk menata penyeberangan yang gemuk atas permintaan Menteri Perhubungan.

"Dengan pengoperasian dermaga ini maka akan terjadi penambahan 20 trip dari 140 menjadi 160 trip dalam satu hari di mana 1.500 kendaraan bisa terangkut per harinya," ujar Budi.