Pemudik Mulai Padati Pelabuhan Gorontalo
Sejumlah calon penumpang berjalan menuju KM Tilongkabila di Pelabuhan Gorontalo, Kota Gorontalo, Gorontalo, Senin (25/4/2022). ANTARA/Adiwinata Solihin

Bagikan:

GORONTALO - Ratusan penumpang yang akan menggunakan jasa transportasi laut KM Tilongkabila untuk mudik, mulai memadati Pelabuhan Gorontalo di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

General Manager PT Pelindo IV Gorontalo, Teddy Indra Yudhana mengatakan, puncak arus mudik di pelabuhan itu diperkirakan terjadi pada hari ini.

Menurutnya, arus mudik saat ini sudah kembali pulih seperti sebelum pandemi COVID-19 dan bahkan diprediksi akan meningkat hingga 20 persen dibandingkan tahun 2019.

"Posko di sini sudah dimulai sejak tanggal 18 April dan diperkirakan puncak mudik terjadi hari ini dengan kapal Tilongkabila," kata Teddy dilansir Antara, Senin, 25 April.

Dia menjelaskan, jumlah pemudik yang berangkat hari ini, diperkirakan mencapai 800 orang yang menggunakan kapal Tilongkabila.

Hingga Hari Raya Idulfitri nanti kata Teddy, masih ada kapal perintis yang beroperasi namun kapasitasnya hanya 100-200 penumpang.

"Kapal Tilongkabila melayani rute Luwuk, Kendari, Bau-bau dan seterusnya," kata dia.

Setiap penumpang di pelabuhan itu, wajib untuk menunjukkan surat perjalanan, menggunakan aplikasi Peduli Lindungi dan kartu vaksin COVID-19.

Sementara itu, salah seorang penumpang kapal Tilongkabila, Jamil Massa mengaku berangkat pada hari ini untuk menghindari penumpukan penumpang.

"Jika terlalu banyak kan menjadi tidak nyaman, apalagi saya membawa anak, istri dan juga orang tua," sambung dia.