Massa Demo Tolak UU Cipta Kerja Berdatangan, Minta Dibuka Akses ke Istana
Mahasiswa di kawasan Patung Kuda (Foto: Diah Ayu W/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah mahasiswa dari berbagai universitas mulai berkumpul di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, untuk menyuarakan penolakan Undang-Undang Cipta Kerja.

Mereka datang mengenakan almamater kampus masing-masing dengan membawa berbagai bendera, spanduk, dan poster yang berisi tuntutan penolakan Omnibus Law.

Akses menuju Istana Merdeka di Jalan Merdeka Utara sudah dibarikade di depan Patung Kuda Arjuna Wiwaha. Aparat kepolisian menutup jalan dengan menggunakan kawat berduri tepatnya di depan gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menuju arah Istana Negara.  

Di tempat terpisah, mahasiswa peserta aksi yang berada di simpang Harmoni, Jakarta Pusat tidak bisa bergerak menuju Istana Merdeka karena akses ditutup oleh kepolisian.

Barikade polisi di kawasan Patung Kuda (Diah Ayu W/VOI)

Mereka meminta aparat membuka akses agar bisa bergerak menuju Istana Merdeka. Sesekali, mereka melempar sampah botol minuman dan bungkus makanan.

Sementara itu, rombongan buruh telah bergerak di Jalan Salemba, Jakarta Pusat, menuju Tugu Tani, untuk bergabung bersama masa aksi di Patung Kuda Arjuna Wiwaha.

Polda Metro Jaya sebelumnya menyatakan telah menyiapkan 9.346 personel gabungan Polri, TNI dan Pemerintah Daerah. Selain itu, polisi menyiapkan kendaraan taktis seperti Baraccuda dan Water Cannon.