BMKG: Aktivitas Sesar Malei Picu Gempa Dangkal 7 km di Kabupaten Poso
FOTO DOK ANTARA

Bagikan:

PALU - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika melaporkan aktivitas Sesar Malei memicu terjadinya gempa bumi dangkal dengan kedalaman 7 km di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Palu, menyebutkan gempa tektonik bermagnitudo 4,1 itu berpusat di darat. 

"Hari Kamis, wilayah Tambarana Kabupaten Poso Provinsi Sulawesi Tengah diguncang gempa bumi tektonik, Episenter gempabumi terletak pada koordinat 1.33 LS - 120.48 BT atau tepatnya berlokasi 19 km arah barat daya Tambarana (Kabupaten Poso)," jelas Kepala Stasiun Geofisika Palu, Sujabar dalam keterangan tertulis dikutip Antara, Kamis, 21 April.

Dengan melihat lokasi dan kedalamannya, gempa bumi ini masuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal.

"Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan tiga MMI di Poso, dan gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," paparya.

BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," katanya.