Oknum Polisi Diduga Peras Pengrajin Jamu di Cilacap Diperiksa
Gedung Mabes Polri

Bagikan:

JAKARTA - Polri menyelidiki dugaan pemerasan yang dilakukan oknum perwira menengah terhadap para pengrajin jamu di Cilacap Jawa Tengah. Oknum polisi itu sudah diperiksa.

"Kalau tidak salah hari ini untuk terduga pelanggar juga sudah dilakukan pemeriksaan," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono kepada wartawan, Rabu, 7 Oktober.

Sementara untuk mendalami kebenaran dugaan pemerasan, tim penyelidik dari Pengamanan Internal (Paminal) serta Profesi dan Pengamanan (Propam) sudah memeriksa beberapa korban. Sehingga nantinya diketahui benang merah dari dugaan pemerasan tersebut.

Jika nantinya oknum Polri itu terbukti melakukan pelanggaran pidana pemerasan tentunya bakal diberikan sanksi tegas. 

Namun Awi tidak menjabarkan secara rinci soal hasil pemeriksaan sementara. Alasannya, proses penyelidikan masih berlangsung.

"Yang jelas Propam merespons, dan anggota-anggota yang diduga melakukan pelanggaran akan ditindak sesuai dengan peraturan perundang-undangan," kata dia.

Dugaan pemerasan ini muncul usai para pengrajin jamu di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, berdemonstrasi di lapangan Desa Gentansari.

Mereka mengaku mengalami pemerasan seorang oknum polisi. Bahkan, pemerasan itu mencapai ratusan ribu hingga miliaran rupiah.