Bagikan:

JAKARTA - Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri terus mengusut kasus robot trading DNA Pro. Terutama mengenai aliran dana para tersangka.

Sejumlah artis tanah air pun terseret dalam pusaran kasus tersebut. Setidaknya, ada 5 nama yang telah diagedakan untuk memberikan keterangan dalam pekan ini.

"Jadi 1 minggu ini ke depan ada 5 publik figur yang nanti akan dimintai keterangan oleh penyidik," ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Gatot Repli Handoko, Senin, 18 April.

Rizky Billar dan Lesti Kejora

Sosok public figure yang akan diperiksa salah satunya pasangan suami istri, Rizky Billar dan Lesti Kejora. Mereka akan diperiksa sebagai saksi pada Rabu 20 April.

Keduanya bakal dimintai keterangan soal aliran dana tersangka Steven Richard. Sebab, pasangan suami istri ini sempat menerima sekoper uang senilai Rp1 miliar.

Pemberian uang itu disebut sebagai hadiah dari tersangka untuk baby L, anak Rizky Billar dan Lesti Kejora.

"Terbaru, kami mendapat dari penyidik untuk hari Rabu 20 April inisialnya RB dan LK," ungkap Gatot.

Billy Syahputra

Kemudian, ada juga nama komedian, Billy Syahputra. Penyidik bakal memeriksa adik Olga Syahputra ini pada Kamis, 21 April.

Pemeriksaan terhadap Billy diduga masih seputar aliran dana. Sebab, komedian itu sempat terlibat jual beli mobil dengan tersangka Steven Richard.

Proses jual beli itu terjadi pada Desember 2021. Kala itu, Billy menjual mobil Alphard seharga Rp900 juta.

Pembayaran mobil itu pun dilakukan secara tunai. Di mana, Steven membawa koper silver berisi uang.

Proses jual beli itu pun sempat diunggah Billy di akun YouTube-nya. Hanya saja, saat ini video itu tak lagi ditemukan.

"Kemudian, pada Kamis 21 April 2022 rencananya BS yang akan dimintai keterangan," ucap Gatot.

Yosi Project Pop

Di hari yang sama, penyidik juga mengagendakan pemeriksaan terhadap artis lainnya. Dia adalah Herman Josis Mokalu alias Yosi Project Pop.

Namun, belum ada informasi soal alasan di balik pemeriksaan Yosi. Yang jelas, pemeriksaan terhadapnya diduga berkaitan dengan aliran dana.

"Satu lagi Y yang merupakan salah satu personel band," ungkap Gatot.

Novela

Artis atau public figure terakhir yang akan diperiksa pada pekan ini yakni, Novela. Tetapi, tak dirinci kembali perihal alasan di balik pemeriksaannya.

"Terus Jumat 22 April itu inisialnya N," kata Gatot.

Daftar pemeriksaan ini memang sedikit ada perubahan dengan sebelumnya. Sebab, tidak ada nama DJ Una dan Virzha dalam rangkaian pemeriksaan pekan ini.

Berdasarkan informasi, pemeriksaan terhadap kedua artis itu sudah dijadwalkan ulang. Mereka akan memberikan keterangan pada pekan depan.

"Jadi yang kemarin banyak perubahan," singkat Gatot.

Sebagai informasi, dalam kasus ini, Bareskrim menangkap 6 dari 12 orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka. Terbaru, tersangka yang diringkus adalah Founder Jerry Gunandar dan Co-Founder Stefanus Richard tim Octopus.

Meski demikian, penyidik terus memburu sosok owner dan direktur robot trading ilegal DNA Pro. Bahkan, dalam prosesnya, para buronan itu telah dicekal ke luar negeri.

Teranyar, Interpol pun sudah menerbitkan red notice untuk tiga tersangka. Mereka antara lain, Fauzi alias Daniel Zii, Eliazar Daniel Piri alias Daniel Abe, dan Ferawaty alias Fei.