Bagikan:

JAKARTA - Terminal Lebak Bulus, Jakarta Selatan akan menggelar Ramp-Check atau pemeriksaan kelayakan Bus Antar kota Antar Provinsi (AKAP). Hal ini dilakukan agar menghindari terjadinya kecelakaan saat arus mudik nanti.

Kepala Terminal bus Lebak Bulus, Hernanto mengatakan pihaknya akan melakukan Ramp-check mulai dari 25 April hingga 10 Mei mendatang.

“Kami bersama PKB (penguji kendaraan bermotor) Jagakarsa akan menggelar pemeriksaan armada dan sopir bus dimulai pada H-7 lebaran,” kata Hernanto saat ditemui di Terminal Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Senin, 18 April.

Hernanto menjelaskan bagian-bagian yang menjadi pemeriksaan seperti rem, ban, kemudi, kesiapan alat pemadam api ringan. Selain itu, sopir juga menjalani pemeriksaan kesehatannya, agar tidak terjadi kecelakaan saat berkendara.

"Sopir juga akan menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum mengemudikan armadanya,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Hernanto menduga jumlah penumpang yang akan melakukan perjalanan arus mudik lebaran nanti akan meningkat 100 persen. Oleh sebab itu pihak autobus akan menambah armadanya untuk antisiapsi peningkatan pemudik lebaran 2022.

“Dari autobusnya sendiri sudah menyiapkan penambahan armada, biasanya kita menyiapkan perhari 30-40 mungkin bisa sampai 50 arus mudik sendiri,” tandasnya.

Caption: Suasana di Terminal Lebak Bulu, Jakarta Selatan/VOI/Jehan