Berpotensi Dihadiri Banyak Orang Sidang Lanjutan Bahar Smith Tetap Digelar di Bandung
Sidang perkara penyebaran berita bohong dengan tersangka Bahar Smith/Foto: Antara

Bagikan:

BANDUNG - Panitera Muda Pidana ​​​​​Pengadilan Negeri (PN) Bandung Entis Sutisna memastikan sidang yang bakal menghadirkan tersangka kasus penyebaran berita bohong Bahar Smith akan tetap digelar di Gedung PN Bandung.

Sebelumnya majelis hakim membuka opsi jika sidang Bahar Smith berpotensi digelar di tempat lain. Hakim menilai sidang Bahar kerap dihadiri oleh massa pendukungnya.

"Bahar dihadirkan ke persidangan, tetap (digelar) di PN Bandung," kata Panitera Muda Pidana PN Bandung Entis Sutisna di Bandung, Jawa Barat, Senin 4 April.

Adapun sidang tersebut bakal mulai digelar pada Selasa (5/4) pagi. Rencananya agenda sidang akan digelar tersebut yakni pembacaan dakwaan.

Dikutip Antara, Bahar Smith diputuskan oleh hakim bisa menghadiri sidang kasusnya secara langsung. Sebelumnya Bahar menolak keluar ruang tahanan karena tidak ingin mengikuti sidang secara daring.

Sidang beragendakan pembacaan dakwaan itu semula direncanakan digelar pada Selasa (29/3). Namun karena aksi menolak keluar ruang tahanan itu, sidang Bahar ditunda hingga pekan selanjutnya.

Dalam perkara ini, Bahar dijerat dengan Pasal 14 ayat (1) dan ayat (2) dan Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan/atau Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45A ayat 2 UU No. 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU No. 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik jo. Pasal 55 ayat (1) angka 1E KUHP.

Bahar diduga menyampaikan berita bohong atau informasi hoaks ketika mengisi ceramah di Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.