Bagikan:

BOGOR - Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto meminta aparatur sipil negara (ASN) di wilayahnya tetap menjaga kualitas layanan kepada masyarakat saat Ramadan 2022.

Menurutnya, dengan kesadaran seperti itu, tidak akan ada ruang bagi pelayanan publik untuk melakukan tindakan melanggar aturan. Terlebih, kesalahan yang disengaja itu dampaknya akan merugikan masyarakat.

"Misalnya yang harusnya bisa diselesaikan cepat menjadi lambat, yang harusnya tidak berbayar jadi berbayar, atau yang biayanya murah menjadi mahal," kata Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra itu di Cibinong, Bogor, Senin 4 Maret.

Rudy menyebutkan, perilaku birokrasi yang berbelit akan menghambat pencapaian program yang dicita-citakan. Menurutnya, kualitas layanan yang baik merupakan hal yang dibutuhkan untuk mengakselerasi capaian berbagai program yang dicanangkan oleh pemerintah.

Ia berharap, sumber daya yang dimiliki Kabupaten Bogor bisa secara maksimal dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. Terlebih, saat pemulihan berbagai sektor setelah hampir tiga tahun menghadapi pandemi.

"Alhamdulillah Ramadhan tahun ini, situasinya lebih baik. Ibadah di masjid sudah diizinkan bahkan disarankan. Untuk itu, mari kita manfaatkan nikmat yang Allah berikan ini sebaik-baiknya, untuk meningkatkan kesalehan spiritual dan kesalehan sosial, terutama dalam konteks pelayanan publik yang baik," ujarnya, melansir Antara.

Rudy mengatakan, upaya perbaikan juga terus dilakukan lembaga DPRD yang dipimpinnya. Menurut dia, peran DPRD sebagai lembaga legislasi, penganggaran dan pengawasan jalannya pemerintahan juga sangat penting.

"Karena itu saya juga mengajak diri saya dan rekan-rekan saya sesama anggota DPRD untuk memanfaatkan bulan suci Ramadhan sebaik-baiknya," terangnya.

Ia juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi dan bersinergi dalam membangun Kabupaten Bogor dengan pemikiran maupun tindakan yang konstruktif.

"Adakalanya kita berbeda pemikiran, beda pandangan, beda strategi, tapi sepanjang tujuannya untuk kemajuan bersama perbedaan tersebut akan menghasilkan kebaikan," tandasnya.