Bagikan:

LAMPUNG - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung meminta masyarakat di daerahnya untuk memperlengkapi diri dengan vaksinasi lengkap sebelum melaksanakan mudik Idul Fitri.

"Untuk penyediaan gerai vaksinasi di simpul transportasi memang belum ada informasi selanjutnya, karena masih menunggu arahan pemerintah pusat," ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana di Bandarlampung, Antara, Selasa, 29 Maret.

Oleh sebab itu masyarakat diminta agar lengkap dalam vaksinasi COVID sebelum melaksanakan mudik. "Nanti sebelum mudik sebaiknya masyarakat ikut vaksinasi booster di tempat masing-masing, agar saat melakukan perjalanan tidak mengalami kendala," katanya.

Menurutnya, adanya vaksinasi di gerai vaksinasi di simpul transportasi harus dilakukan dengan penuh pertimbangan, karena membutuhkan perlakuan yang lebih kompleks.

"Sejujurnya agak berat untuk melakukan vaksinasi di simpul transportasi, karena ini berbeda dari pelaksanaan tes antigen. Sebab kalau vaksinasi ini memerlukan perlakuan yang lebih rumit karena perlu observasi untuk mencegah kejadian ikutan pasca imunisasi," ucapnya.

Dia menjelaskan, perlu pula disiapkan skema khusus untuk mencegah adanya kerumunan untuk menghindari persebaran COVID-19.

"Memang lebih baik bila vaksinasi dilakukan jauh sebelum pelaksanaan mudik di fasyankes terdekat. Agar mencegah adanya persebaran COVID-19 akibat kerumunan saat vaksinasi," katanya.