Jelang Ramadan 2022, Stok Pangan di Pasar Tradisional Makassar Aman
Petugas dari Dinas Ketahanan Pangan Makassar memantau stok dam harga pangan di pasar. (ANTARA)

Bagikan:

MAKASSAR - Kepala Pasar Kampung Baru Makassar, Fajaruddin mengatakan, stok pangan di pasar tradisional di wilayah Makassar dalam kondisi aman menjelang Ramadan 2022.

Fajaruddin mengatakan, untuk harga pangan khususnya sembako termasuk minyak goreng curah, juga masih terpantau normal.

"Masih ada satu pedagang yang memiliki stok minyak curah dengan harga Rp14 ribu per liter meski stoknya memang terbatas. Sementara untuk gula kristal putih juga tersedia dengan harga jual Rp14 ribu hingga Rp15 ribu per kg," katanya, dikutip Antara.

Adapun harga beras termurah di pasar tersebut berkisar antara Rp8.000 hingga 10 tibu per kg. Selanjutnya beras medium (Rp9.000) dan beras premium dijual dengan harga Rp11.000 per kg

Sementara untuk telur ayam ras dijual antara Rp43 ribu hingga Rp45 ribu per rak dan telur ayam kampung dipatok Rp2.300 hingga Rp2.500 per butir.

Untuk cabai merah, cabai merah keriting, cabai rawit merah dijual Rp45 ribu hingga Rp50 ribu per kg. Sedangkan cabai rawit hijau Rp30 ribu.

Selanjutnya bawang merah Bima (Rp40 ribu per kg), bawang putih impor Rp30 ribu) dan bawang bombai dijual Rp25 ribu hingga Rp30 ribu per kg.

Termasuk harga daging sapi lokal Rp120 ribu, daging ayam potong (Rp30 ribu per kg/ekor) dan daging ayam kampung Rp80 ribu per ekor.

Dia menjelaskan, pihaknya selalu rutin memantau kondisi stok pangan di para pedagang. Lokasi kantor yang berada dalam pasar, kata dia, juga semakin mempermudah peninjauan

Pihaknya juga terus rutin melalukan koordinasi dengan Satgas Pangan Makassar yang sengaja dibentuk jelang Ramadhan untuk menjamin ketersediaan pangan bagi masyarakat.

"Kami memiliki 112 pedagang yang menjual berbagai kebutuhan pokok. Alhamdulillah, hingga saat ini kondisi stok masih akan dan harga-harga juga masih normal. Semoga bisa terus terjaga hingga Ramadhan nanti," tandasnya.