Informasi Penemuan Tikus Raksasa di Mexico City, Cek Faktanya
Tangkapan layar dari situs turnbackhoax.id

Bagikan:

JAKARTA - Akun Facebook bernama Gandhi Kurniawan mengunggah status pada 24/9/2020 berupa sebuah foto dengan narasi “Ditemukan tikus raksasa di Mexico City. Sayangnya sudah dalam keadaan mati”.

Tangkapan layar dari situs turnbackhoax.id

Dilansir turnbackhoax.id, dari hasil penelusuran, status tersebut masuk kategori konten yang salah.

Sebab, diketahui foto tersebut diambil ketika petugas kebersihan kota akan membersihkan 22 ton sampah dari terowongan limbah di Kota Meksiko, Meksiko. 

Melansir ndtv.com, pada Jumat, 18 September, petugas yang sedang membersihkan saluran limbah dikejutkan ketika melihat sosok yang terlihat hidup dengan bulu yang sangat realistis dan sosok itu terlihat dalam posisi duduk membungkuk. Setelah diselidiki nampaknya sosok tersebut adalah properti Halloween yang tersangkut di terowongan limbah.

Petugas bergegas mengeluarkan benda tersebut dan menyemprotnya dengan air. Menurut pemberitaan nypost.com, seorang wanita bernama Evelin López mengklaim telah membuat tikus tersebut sebagai properti untuk acara Halloween. 

Lopez mengatakan benda itu telah hilang selama beberapa tahun diakibatkan oleh badai besar. Tikus itu disimpan di gudang, namun hanyut dan menghilang. Setelahnya Lopez mengaku tidak ada yang dapat menemukan properti miliknya selama bertahun-tahun. Foto dan video penemuan tikus tersebut kemudian menjadi viral di Internet.

Sebuah video berjudul “Encuentran Una Rata Gigante en La Ciudad De Mexico Tras Fuertes Lluvias/Giant Rat Appears In Mexico.” yang tayang pada tanggal 21 September di kanal Youtube ‘UltramixTV’ memperlihatkan petugas yang sedang membersihkan tikus tersebut dengan air sesuai dengan foto pada status. Di beberapa bagian video diperlihatkan bagian belakang tikus yang berongga sehingga dapat dipastikan sebagai sebuah patung/properti.