Bagikan:

JAKARTA - Bupati Rudy Gunawan berharap Kementerian Perhubungan bisa segera mendatangkan Si Gombar, lokomotif uap kereta api sejarah ke Kabupaten Garut, Jawa Barat agar bisa menjadi daya tarik wisata.

"Jadi Garut ini memang ingin ada satu tempat yang bersejarah pak. Si Gombar itu dulu sudah ada 60 tahunan," kata Rudy saat peresmian reaktivasi jalur rel kereta api Garut-Cibatu yang dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya dan Menteri BUMN Erick Thohir di Stasiun Garut, Kamis 24 Maret dilansir dari Antara.

Pemkab Garut secara resmi akan menyampaikan keinginan masyarakat terkait mendatangkan lokomotif bersejarah yang saat itu menjadi kebanggaan masyarakat Garut saat naik kereta api.

Lokomotif uap itu, kata Bupati, sudah tidak ada di Garut sejak 1983. Kini Si Gombar ada di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Rudy berharap Menteri Perhubungan bisa menghadirkannya di Garut.

"Lokomotifnya bisa di ke Garut kan, dibuatin trek," katanya.

Menteri Perhubungan Budi Karya yang hadir dalam acara peresmian Stasiun Garut menanggapi keinginan masyarakat yang disampaikan Bupati terkait mendatangkan lokomotif Si Gombar ke Garut.

Jika permintaan itu sebagai bentuk kecintaan masyarakat Garut terhadap kereta api, kata Menteri, akan diupayakan untuk bisa mewujudkan keinginannya tersebut.

"Kalau memang itu bisa mewujudkan kecintaan warga Garut terhadap kereta api, nanti kita akan bujuk," kata Budi.

Peresmian reaktivasi jalur rel kereta api Cibatu-Garut, Stasiun Garut, dan dioperasikannya KA Cikuray dan Cibatuan itu dihadiri oleh Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Perhubungan Budi Karya serta jajaran direksi PT KAI.

Setelah peresmian itu, maka jalur rel kereta api Stasiun Garut-Cibatu yang sudah 40 tahun tidak dioperasikan, kini sudah bisa kembali dinikmati masyarakat untuk perjalanan dari Garut menuju Bandung dan Jakarta pulang pergi.

Pewarta : Feri Purnama