Saat Presiden Tengok Berbagai Produk Perajin Medan yang ‘Dipamerkan’ Kahiyang Ayu
Presiden Jokowi bersama putrinya Kahiyang Ayu yang juga Ketua Dekranasda Medan (FOTO: Instagram bobbynst)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo membuka pameran Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) 2022 yang menampilkan berbagai produk kerajinan hasil kreasi para pengrajin Tanah Air.

Pameran INACRAFT 2022 digelar mulai 23 Maret hingga 27 Maret 2022 di Balai Sidang Senayan di Jakarta.Presiden Joko Widodo secara resmi membuka pameran Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) 2022 yang menampilkan berbagai produk kerajinan hasil kreasi dari para pengrajin Tanah Air.

Jokowi mengajak masyarakat untuk mencintai produksi dalam negeri, terutama produk kerajinan yang akan memajukan perekonomian para pengrajin serta UMKM.

"Saya mengajak masyarakat untuk mencintai produk-produk produksi dalam negeri, utamanya produk-produk kerajinan. Ini akan memajukan para pengrajin kita, memajukan UMKM kita," kata dia.

Di lokasi, Jokowi meninjau sejumlah stand kreasi perajin dari berbagai daerah. Nah, Jokowi juga menengok pameran perajin yang ditampilkan Pemko Medan yang dipimpin Bobby Nasution sebagai wali kota. 

Sedangkan stand pameran kerajinan yang dibawa Pemko Medan ini ‘dijaga’ Kahiyang Ayu, putri Jokowi.  Kahiyang Ayu merupakan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda)  Kota Medan. 

Presiden Jokowi bersama putrinya Kahiyang Ayu yang juga Ketua Dekranasda Medan (FOTO: Instagram bobbynst)

Ada pun pameran industri kerajinan terbesar di Asia Tenggara INACRAFT kembali digelar setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi Covid-19.

Pada tahun ini, INACRAFT hadir dengan mengusung tema "Smiling Heritage of West Java; From Smart Village to Global Market". Pameran ini akan diselenggarakan secara hibrida dan masyarakat juga bisa mengunjungi lokasi pameran tanpa dipungut biaya sepeser pun. Sebanyak 722 peserta hadir dalam pameran ini, terdiri dari 510 peserta individu, 169 peserta binaan dinas, dan 43 peserta binaan BUMN.

Kemudian, terdapat 150 merchant stores untuk masing-masing kegiatan daring. Ketua Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia Muchsin Ridjan berharap INACRAFT tahun ini dapat membantu meningkatkan ekonomi, termasuk secara daring.

Sebagai pameran industri kerajinan terbesar di Asia Tenggara, INACRAFT menjadi salah satu pameran yang selalu dinanti oleh para penggiat dan peminat produk kerajinan dalam negeri.

Ajang itu digagas Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia yang dilaksanakan pertama kali pada April 1999.

Kehadiran pameran itu dinilai menjadi primadona bagi pengrajin dan pengusaha kriya serta paling ditunggu para pembeli atau peminat handicraft luar negeri yang tentunya akan berdampak naiknya ekspor kerajinan tangan UMKM. Berbagai kerajinan menarik seperti keramik, anyaman, kaca, sepatu, tas, dan aneka perhiasan dipajang di acara tersebut.