Stok Minyak Goreng di Minimarket di Surabaya Mulai Banyak Sejak HET Dicabut
FOTO AM SBY/VOI

Bagikan:

SURABAYA - Minimarket di Surabaya mulai menjual minyak goreng. Jika sebelumnya langka, kini minyak goreng mulai mudah ditemui di setiap minimarket. 

"Stoknya baru ada mas, minyak goreng ini baru dikirim kemarin pas harga eceran tertinggi (HET) dicabut oleh pemerintah," kata petugas kasir Indomaret, di Jalan Ketintang Baru Selatan, Surabaya, Jumat, 18 Maret 2022.

Dia mengakui keberadaan minyak goreng sebelumnya kerap kosong. Kalau pun ada, kata dia, stoknya sangat terbatas dengan harga label baru sebesar Rp25.500 /liter, lebih tinggi dari HET sebesar Rp14.000 /liter.

Meskipun murah, kata dia, minyak goreng saat HET diterapkan sangat langka, berbeda dengan saat HET dicabut, sangat mudah ditemui di minimarket. 

"Kalau saat diterapkan HET memang murah, cuma stoknya sangat terbatas dan langsung habis. Kalau sekarang stoknya banyak, jumlahnya berapa saya tidak ingat," katanya. 

Demikian juga dengan minimarket di Jalan Karah Agung Surabaya, rak minyak goreng yang biasanya kosong, kini mulai menumpuk dengan label harga baru sebesar Rp25.500 /liter. 

"Saya ke Indomaret pada Rabu kemarin masih kosong, tapi hari Kamis malah langsung banyak stoknya. Ini jelas ada permainan ritel," kata Dadang Kurnia, salah satu pembeli di Indomaret.