Hotel di Karangasem Bali Tak Dapat <i>Cuan</i> dari MotoGP Mandalika, Banyak Penonton yang Batalkan Pemesanan Kamar
Pembalap tim Suzuki gunakan Gixxer SF 250 dengan livery MotoGP (ANTARA/Ho)

Bagikan:

KARANGASEM - Hotel yang akan dipesan para penonton MotoGP di Mandalika, Lombok, di wilayah Kabupaten Karangasem, Bali, rupanya terancam batal karena para penonton membooking hotel di Lombok.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) Karangasem, Bali, I Wayan Kariasa mengatakan untuk bookingan 500 kamar di hotel yang awalnya disediakan bagi para penonton MotoGP di Mandalika akhirnya batal.

Para penonton beralih membooking hotel di Lombok, karena berdekatan dengan perhelatan MotoGP di Mandalika.

"Ternyata sampai sekarang tidak begitu signifikan. Yang mana teman-teman di travel agent yang sudah membuat paket, sudah membuat promosi dan lain sebagainya. Namu  setelah di final, ditunggu pembayaran deposit dan lain sebagainya juga banyak yang tidak melakukan pembayaran," kata Kariasa, Rabu, 16 Maret.

"Jadi mereka mungkin lebih banyak pindah ke Lombok. Karena, sampai kemarin di Lombok itu masih ada kamar yang kosong, 2.600 kamar lebih. Jadi, mereka lebih beralih ke Lombok mungkin untuk lebih dekat, mereka bisa menonton dari Lombok langsung," imbuhnya.

Menurutnya, pihak travel agent berkoordinasi dengan PHRI Karangasem menyeediakan 500 unit kamar. 

"Kemarin yang booking sudah sempat booking. Tapi itu namanya belum final booking atau bookingan sementara. Kemudian, setelah itu baru di final banyak yang tidak mau bayar deposit dan lain sebagainya. Mungkin, para penonton yang dulunya lewat dari Bali, mereka lebih memilih booking langsung di Lombok. Karena masih ada ketersediaan kamar-kamar yang di Lombok," papar Kariasa.

"Yang mana awalnya di Lombok, sudah dibooking semua sampai kehabisan kamar sehingga mereka beralih ke Bali. Tapi sekarang di Lombok itu kan masih ada kamar yang kosong hampir 2.600 lebih. Sehingga para penonton yang awalnya jadwalnya di Bali dan minatnya menonton ke Lombok jadi mereka lebih memilih langsung booking di Lombok," jelasnya.