Empat Pemuda Diduga Oknum Ormas Minta Uang di Sejumlah Kios Sepanjang Jalan Surya Kencana Pamulang
Tangkapan layar video yang merekam aksi oknum ormas memintakan uang kepada sejumlah kios disepanjang jalan Surya Kencana,Pamulang Tangerang Selatan

Bagikan:

TANGSEL - Sebuah video memperlihatkan kelompok remaja yang diduga oknum organisasi massa (ormas) tengah meminta uang kepada kios-kios di Jalan Surya Kencana, Pamulang, Tangerang Selatan.

Dalam video terlihat, empat remaja berjalan menyusuri kios-kios yang ada di sepanjang Jalan Surya Kencana. Satu orang mengenakan pakaian hitam-hitam, tiga orang lainnya mengenakan pakaian atribut salah satu ormas besar. Mereka berjalan sambil menenteng kardus besar.

“Kalau tadi enggak maksa. Saya jawab, maaf ya belum penglaris. Enggak tiap hari. Ngasih seikhlasnya,” ucap seorang pekerja jok motor yang dihampiri empat pemuda diduga oknum ormas.

Dihubungi, Kasi Intel Pamulang, Iptu Agus Erwandi membenarkan adanya insiden tersebut. Namun, ia memastikan bila hal itu bukanlah pungli (pungutan liar), melainkan permintaan dana untuk bantuan sosial (bansos) untuk Kota Serang.

Bahkan dirinya telah memanggil tiga orang yang ikut terlibat dalam permintaan dana bansos tersebut. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kejadian sebenarnya.

"Jadi gini, kita sudah kita panggil tiga orang. Kita klarifikasi. Jadi dia itu sedang melakukan penggalangan dana di Serang, ada tulisannya sedang penggalangan dana,” kata Agus saat dihubungi, Jumat, 11 Februari.

Berdasarkan keterangan para pelaku, Agus menjelaskan kelompok itu meminta dana bansos sejak Senin, 28 Februari hingga Jumat, 11 Maret.

“Kita Monitor. Nanti kalau dia melakukan lagi (setelah hari ini), berarti udah liar kan. nanti kita panggil,” katanya.

Oleh sebab itu, ia berharap kepada para pedagang yang mendapatkan pungli secara paksa. Segera melaporkan ke pihak kepolisian, agar dapat ditindaklanjuti.

“Kalau misalnya korban merasa dimintain dan korban duitnya udah dikasih, langsung lapor aja,” tandasnya.