5 Sungai Besar di Jakpus Dangkal, 77.000 Meter Kubik Lumpur Dikeruk Eskavator
Mesin eskavator mengeruk lumpur di aliran sungai wilayah Jakarta Pusat/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Sedikitnya 5 sungai (kali) besar di Jakarta Pusat dilakukan pengerukan yang dilakukan oleh petugas Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Pusat. Pengerukan dilakukan berdasarkan informasi yang didapatkan dari masyarakat maupun media sosial terkait kian dangkalnya sungai tersebut.

"Pertama Kali Ciliwung di Jalan Gajah Mada sama di Jalan Diponegoro Menteng, lalu Kali Sentiong di Jalan Galur dan di Kecamatan Senen, terus Kali Krukut sama Banjir Kanal Barat (BKB)," kata Kepala Seksi Pemeliharaan Sudin SDA Jakarta Pusat Achmad Daeroby saat dihubungi, Jumat 11 Maret.

Dari pengerukan itu, Sudin SDA Jakarta Pusat telah mengeruk sebanyak 77.000 meter kubik lumpur dari sejumlah kali di Jakarta Pusat.

Menurut Daeroby, pengerukan kali tersebut sejauh ini belum sepenuhnya selesai.

"Yang di BKB progress masih 80 persen," ujarnya.

Dalam melakukan pengerukan, Sudin SDA Jakarta Pusat mengerahkan 12 eskavator atau mesin pengeruk meliputi berukuran besar, sedang, dan kecil.

"Lalu untuk pengerukan total ada 30 truk, itu ada tronton ada dump truk campur-campur," katanya.

Daeroby menuturkan selain melakukan pengerukan terhadap kali-kali besar, Sudin SDA Jakpus akan melakukan perbaikan di saluran penghubung (Phb) di Jakarta Pusat.

"Rencananya kurang lebih sekitar 15 Phb. Itu lebih perbaikan dan pemeliharaan rutin saja, tidak ada pelebaran," ucapnya