Angelina Sondakh Sempat Jadi Asisten Sutradara di Lapas Filmnya Raih Penghargaan Internasional
Tangis Angelina Sondakh usai bebas dari lapas/Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - Mantan anggota DPR RI Angelina Sondakh yang bebas setelah dihukum 10 tahun penjara akibat terjerat korupsi ternyata aktif mengikuti kegiatan selama berada menjadi warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Jakarta. Salah satunya menjadi asisten sutradara.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Rika Aprianti mengatakan Angie, sapaan Angelina Sondakh, pernah menjadi asisten sutradara film Hitam Putih Kelabu produksi Rutan Pondok Bambu yang memenangkan penghargaan internasional.

"Menjadi asisten sutradara dalam film Hitam Putih Kelabu produksi Rutan Pondok Bambu dan mendapat penghargaan internasional di Mumbai," kata Rika dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 3 Maret.

Selain itu dia melatih kelompok modeling Lapas Perempuan Jakarta dan melakukan berbagai kegiatan lainnya. Berikut kegiatan Angie selama di Lapas Perempuan Jakarta:

1) Kegiatan Kemandirian

a. Design busana. Menggambar beberapa desain mukena dan kerudung yang diproduksi Rutan

Pondok bambu

b. Menjahit. Menjahit tas-tas dan mukena yang diproduksi oleh Rutan Pondok Bambu.

c. Membatik. Mengikuti beberapa pelatihan membatik yang diselenggarakan oleh Rutan Pondok Bambu.

d. Tergabung dalam Kelompok Tani, di LPP Kelas IIA Jakarta.

Aktif berkebun dan bertani tanaman hortikultura, apotik hidup dan tanaman hias.

e. Tergabung dalam Kelompok Peternak, di LPP Kelas IIA Jakarta.

Memelihara burung hias dan ayam hias.

f. Tergabung dalam Kelompok Kontruksi Pemula, di LPP Kelas IIA Jakarta. Membuat gazebo dan tempat duduk bambu.

2) Kegiatan Kepribadian

a. Kegiatan Kerohanian

1. Tergabung dalam Kelompok One Day One Juz, di LPP Kelas IIA Jakarta. Kelompok yang rutin mengkhatamkan Alquran setiap bulan.

2. Tergabung dalam Kelompok Hafalan Al Quran, di LPP Kelas IIA Jakarta.

b. Kegiatan Intelektual

Tergabung dalam Kelompok Perpustakaan Hijau, di LPP Kelas IIA Jakarta. Kelompok yang mengumpulkan buku2 bekas dan dipinjamkan kepada WBP.

c. Kegiatan Jasmani

Tergabung dalam Club Tenis Meja LPP Kelas IIA Jakarta dan mengikuti berbagai lomba tenis meja antar lapas perempuan. Terakhir memenangkan juara 1 lomba tenis meja double antar lapas perempuan (lapas perempuan Jakarta, Lapas Perempuan Tanggerang dan Lapas Anak Tanggerang).

d. Kegiatan Kesenian

1. Melukis. Pernah melukis bersama dengan IKJ di Rutan Pondok Bambu dalam satu kanvas.

2. Tergabung dalam Klub Daur Ulang LPP Kelas IIA Jakarta. Menghasilkan karyakarya daur ulang dari botol plastik bekas dan karya nya di pamerkan dan bazaar internal.

3. Tergabung dalam grup nyanyi Volareta (voice of Lapas Perempuan Jakarta) dan tampil dalam beberapa event yang diselenggarakan internal LPP Kelas IIA Jakarta.

4. Aktif bermusik (bermain gitar dan cajon).

5. Membaca puisi. Ikut berpartisipasi dalam acara sendratari Merangkai Asa dan membacakan puisi berjudul Di Puing Reruntuhan.

6. Melatih Kelompok Modeling LPP Kelas IIA JAKARTA.

3) Kegiatan Sosial

1. Menjadi Asisten Sutradara dalam film Hitam Putih Kelabu produksi Rutan Pondok Bambu dan mendapat penghargaan internasional di Mumbai.

2. Tergabung dalam Sapu Jagad yang merupakan kelompok kebersihan LPP Kelas II A Jakarta yang bertugas untuk membersihkan area blok bangunan.

Sebagai informasi, Angie mulai menjadi warga binaan di lapas sejak 27 April 2012. Dia dinyatakan terbukti bersalah karena terlibat kasus korupsi pembangunan Wisma Atlet SEA Games 2011 di Palembang.

Atas perbuatannya, dia dihukum selama 10 tahun penjara dan denda Rp500 juta. Tak hanya itu Angie diharuskan membayar uang pengganti sebesar Rp2,5 miliar dan 1,2 juta dolar Amerika Serikat subsider 4 bulan 5 hari.

Dari jumlah yang harus dibayarkan itu, ia baru membayar lunas denda Rp500 juta. Sementara untuk uang pengganti, Angie telah melakukan pembayaran sebesar Rp8.815.972.772 dan sisa Rp4.538.027.278 diganti dengan hukuman kurungan 4 bulan 5 hari.