BNPB Evaluasi Relokasi Warga Sekitar Kaki Gunung Talamau Pasaman Barat
Rapat menentukan relokasi warga Gunung Tamalau/Foto: Antara

Bagikan:

SIMPANG EMPAT - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan mengkaji relokasi atau memindahkan warga yang berdomisili di sekitar Gunung Talamau yang diduga mengalami longsor akibat gempa yang terjadi, Jumat 25 Februari.

"Memang dikabarkan di sejumlah titik dekat kaki Gunung Talamau mengalami longsor. Tentu akan kita diskusikan dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, (BMKG) terkait bahaya yang ditimbulkan," kata Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Suharyanto di Simpang Empat, Sabtu 26 Februari.

Ia mengatakan jika memang membahayakan warga sekitar maka perlu dipikirkan untuk relokasi.

"Tentu warga merasa khawatir dengan bahaya longsor di kaki Gunung Talamau itu. Saat ini warga itu sudah mengosongkan rumah pindah mencari tempat aman.

Memang, katanya gempa bumi tidak ada yang memastikan kapan terjadi namun kemungkinan berdasarkan siklusnya bisa diperkirakan kapan terjadi.

"Jika membahayakan tentu perlu relokasi karena jika dibiarkan tentu akan mengancam warga yang berdomisili di sekitar kaki Gunung Talamau itu baik sekarang maupun beberapa tahun nanti," katanya.

Sementara Bupati Pasaman Barat Hamsuardi mengatakan perlu kajian yang pasti terkait bahaya longsor kaki Gunung Talamau.

"Kalau memang hasil kajian lembaga yang berwenang sangat membahayakan dan harus direlokasi maka kita siap melakukannya," katanya.

Untuk relokasi itu, katanya tentu perlu sosialisasi dan pendekatan ke,masyarakat serta lokasi baru yang harus disiapkan.

Sementara itu warga di sekitar Gunung Talamau tepatnya di Nagari Kajai masih takut dengan longsor karena dilihat dari kejauhan kaki Gunung Talamau terlihat longsor dan air sungai keruh berlumpur.

Data sementara dampak gempa mengakibatkan sekitar enam ribu rumah rusak.

Selain itu empat orang meninggal dunia, luka berat 19 orang, luka sedang tujuh orang dan luka ringan 36 orang.

Sekitar 10 ribu warga mengungsi di posko utama Kantor Bupati dan titik posko lainnya yang tersebar di Kajai dan Simpang Empat.*