Harap Tenang, Satgas Pangan Polri Pastikan Stok Aman Jelang Ramadan dan Idulfitri
Photo by Faris Mohammed on Unsplash

Bagikan:

JAKARTA - Satgas Pangan Polri menyatakan ketersediaan bahan pokok di Indonesia masih aman menjelang Ramadan hingga Hari Raya Idulfitri. Meski, santer terdengar isu adanya aksi penimbunan.

"Secara umum stok kebutuhan bahan pokok itu cukup, baik itu beras, gula, daging sapi, ayam, telur, minyak dan sebagainya," ujar Kasatgas Pangan Polri Irjen Helmy Santika kepada wartawan, Kamis, 24 Februari.

Ketersedian bahan pokok yang masih aman ini berdasarkan data yang disampaikan dalam rapat koordinasi di jajaran Satgas Pangan. Di mana, data itu didapat dari hasil pendataan.

Terlepas dari hal itu, Helmy menyebut Satgas Pangan Polri akan terus bekerja untuk mengawasi produksi hingga distribusi bahan pokok. Tujuannya, mencegah hal-hal yang tak diinginkan terjadi.

"Untuk bisa yakinkan masyarakat bahwa jelang puasa dan lebaran Insyaallah stok aman dan bisa menghindari kepanikan atau beli jumlah lebihi batas sewajarnya apalagi saat situasi pandemi seperti ini," kata Helmy.

Selain itu, Helmy menekankan Satgas Pangan berkomitmen untuk terus mendukung kebijakan pemerintah. Sehingga, stabilitas pangan di masyarakat tetap terjaga

"Kami satgas pangan komitmen dukung mendorong jangan sampai terjadi hambatan-hambatan dalam distribusi kalaupun sekarang masih masuk pandemi sudah ada kebijakan pemerintah untuk hal-hal yang masuk dalam sektor esensial," kata Helmy.