BPBD Ternate Bersiap Antisipasi Banjir Akibat Cuaca Buruk
BPBD Ambon Bersiap antisipasi banjir/Foto: Antara

Bagikan:

TERNATE - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate, Maluku Utara, terus memantau dan mengantisipasi terjadinya banjir disertai longsor, sebagai dampak tingginya curah hujan berintensitas lebat disertai angin kencang dalam dua hari terakhir.

"Kami telah menyiapkan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD disiagakan dalam kondisi cuaca buruk yang terjadi di wilayah Ternate dalam dua hari terakhir," kata Plt Kepala BPBD Kota Ternate, Ihsan Hamzah di Ternate, Senin 21 Februari.

Oleh karena itu, dia meminta agar warga yang berada di kawasan bantaran kali serta daerah yang tebing untuk mewaspadai ancaman longsor dan banjir akibat curah hujan yang tinggi di wilayah Kota Ternate sejak Minggu 20 Februari.

Dia menyebut, BPBD Kota Ternate telah berkoordinasi dengan aparatur Kecamatan maupun Kelurahan untuk intensif melakukan pemantauan di wilayahnya masing-masing, sehingga setiap perkembangan dapat disampaikan ke BPBD untuk turun langsung ke lapangan.

Menurut dia, para lurah dan camat untuk terus melakukan sosialisasi dan imbauan kepada warga untuk tidak membuang sampah di berbagai kali mati, karena saat hujan deras akan terjadi luapan banjir dan dapat menggenangi permukiman warga.

Sementara itu, Prakirawan Cuaca BMKG Stasiun Meteorologi Sultan Baabullah Ternate, Satria Kridha Nugraha dihubungi terpisah menyatakan, saat ini masih berpotensi terjadi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pukul 8.00 WIT terutama di Kabupaten Kepulauan Sula, Mangoli Timur, Sanana, Sulabesi Barat, Mangoli Barat, Mangoli Utara Timur, Mangoli Tengah, Mangoli Utara, Sanana Utara.

Begitu pula di Kabupaten Pulau Taliabu Taliabu Barat, Taliabu Barat Laut, Lede, Taliabu Utara, Taliabu Timur, Taliabu Selatan dan sekitarnya serta dapat meluas ke wilayah Kabupaten Halmahera Selatan Obi Selatan, Obi, Obi Barat, Obi Timur, Obi Utara, Kabupaten Kepulauan Sula Sulabesi Tengah, Sulabesi Timur, Sulabesi Selatan, Mangoli Selatan, Kabupaten Halmahera Timur Wasile, Maba, Wasile Selatan, Wasile Tengah, Wasile Timur, Maba Tengah, Maba Utara, Kota Maba.

Kabupaten Pulau Morotai Morotai Selatan, Morotai Jaya, Morotai Utara, Morotai Timur, Kabupaten Pulau Taliabu diantaranya Taliabu Timur Selatan, Tabona dan sekitarnya.