Tin SAR Evakuasi Nelayan yang Tenggelam di Maluku
Evakuasi nelayan yang tenggelam di Seram/Foto: Antara

Bagikan:

AMBON - Tim SAR dari Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Ambon mengevakuasi satu nelayan di Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku, yang ditemukan tewas tenggelam diduga akibat terjatuh dari perahunya pada Rabu 16 Februari.

"Jasad korban yang diketahui bernama Ruben Simon Yalewi ini ditemukan setelah dua hari dilakukan operasi SAR," kata Kepala Kantor SAR Ambon Mustari di Ambon, Jumat 18 Februari.

Ia menyebutkan korban berusia 50 tahun itu dilaporkan mengalami kecelakaan kapal saat melaut sendirian di sekitar perairan Desa Nuhukai, Kabupaten SBB sejak Rabu (16/2).

Menurut dia, pada hari pertama operasi SAR yang menggunakan satu unit Rubber Boat, Rescue CAR Tipe II satu unit dan Long Boat tiga unit belum berhasil menemukan keberadaan korban.

Regu penyelamat dari Kantor SAR Ambon beserta unsur potensi SAR melakukan pencarian pada koordinat yang telah ditentukan. 

"Jasad korban akhirnya ditemukan di lokasi dengan jarak kurang lebih 5 NM dari LKK dan dievakuasi ke Desa Nuhukai dalam keadaan meninggal dunia," jelas Mustari.

Dengan ditemukannya jasad korban dan telah dievakuasi maka operasi SAR dinyatakan selesai dan diajukan untuk ditutup, kemudian kepada unsur SAR yang terlibat disampaikan terima kasih.

"Kalau tidak cocok atau menolak temuan pemeriksa pajak, tidak setuju dengan surat ketetapan pajak, silakan ajukan keberatan. Silakan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku," pungkasnya.