Kota Medan Naik ke PPKM Level III, Ini Penjelasan Bobby Nasution
Wali Kota Medan Bobby Nasution/FOTO: Satria H-VOI

Bagikan:

MEDAN - Kasus aktif COVID-19 di Kota Medan terus melonjak. Akibatnya, status PPKM per hari ini naik menjadi level 3 setelah sebelumnya berada di level I.

Wali Kota Medan Bobby Nasution mengatakan, setidaknya ada 3 poin utama yang membuat status Kota Medan naik. 

"Per hari ini, keluar Inmendagri, Medan kembali masuk ke level 3. Kurang lebih ada 3 poin yang dilihat dari data yang disampaikan," kata Bobby Nasution, Selasa, 15 Februari. 

Pertama, kata Bobby, saat ini jumlah terkonfirmasi positif virus corona di Kota Medan sudah di atas 300 kasus. 

"Kita rata-rata per hari itu, terkonfirmasi positif sudah di atas 300 dari beberapa hari kemarin," sebutnya. 

Poin selanjutnya, menantu Presiden Jokowi ini menyebutkan jika keterisian pasien covid di rumah sakit sudah berada mencapai 22 persen. 

"Ketiga, yang masih terpantau rendah dan menjadi perhatian itu adalah tingkat kematian, sampai hari ini, ada 4 kasus kematian yang ada di Medan. Penambahan paling banyak terjadi kemarin ada 3 kasus kematian dalam sehari," ungkapnya. 

"Sebelumnya Medan memang tingkat kematiannya masih di angka 1," sambungnya. 

Untuk angka kematian di Kota Medan, Bobby Nasution menyebutkan masih rendah. Namun, ia mewanti-wanti jajarannya untuk lebih memperhatikan lagi agar jumlah kematian tidak meningkat. 

Tak hanya itu, peningkatan kasus aktif covid-19 juga terjadi di lingkungan sekolah. Akibatnya, katanya, pihaknya sudah 10 sekolah di Kota Medan yang ditemukan adanya kasus terkonfirmasi positif. 

"Kami informasikan, ada 10 sekolah kami tutup, karena memang anak didik, peserta didik atau pun tenaga pendidik ada yang terkonfirmasi positif covid 19," jelasnya. 

Diketahui, berdasarkan data yang diperbaharui Satgas COVID-19 Kota Medan, tanggal 15 Februari 2022, pukul 17.20 WIB, terdapat penambahan sebesar 777 kasus. Total ada 52,726 kasus konfirmasi COVID-19 di Kota Medan.