TMII Siapkan Dua Tempat Isolasi untuk Pasien COVID-19, Daya Tampung 300 Orang
Graha Wisata TMII/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur siapkan tempat isolasi mandiri bagi pasien COVID-19 di Graha Wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan Gedung Puri Adhyaksa.

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Kota Jakarta Timur, Achmad Salahuddin mengatakan dipersiapka dua lokasi tersebut sebagai tempat isolasi mandiri lantaran dari adanya lonjakan kasus COVID-19 di DKI Jakarta.

Pihak Pemprov DKI, sambungnya, sudah memberikan instruksi untuk jajaran Pemkot agar menyiapkan tempat isolasi mandiri.

"Ada dua lokasi yang sudah kami siapkan untuk menampung warga apabila ada warga yang terpapar COVID-19 di antaranya di Graha Wisata TMII dan Gedung Puri Adhyaksa," kata Achmad, Selasa 8 Februari.

Untuk kapasitas Gedung Puri Adhyaksa, lanjut Achmad, dapat menampung 200 orang pasien, sedangkan di Graha Wisata TMII, memiliki daya tampung 100 pasien COVID-19 dengan kapasitas 1 kamar, 1 orang.

Dua lokasi yang dijadikan tempat isolasi mandiri itu sudah dilengkapi fasilitas seperti tempat tidur, kamar mandi, listrik, air, serta logistik.

Selain itu juga diterapkan protokol kesehatan, layanan penyemprotan disinfektan, dan penetapan alur keluar masuk pasien.

Seluruh layanan tersebut, telah dikoordinasikan Suku Dinas Sosial dan Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur.

"Jika ada hal-hal yang kita perlu lengkapi, dan penuhi akan segera kita lakukan," katanya.