Sara Pertimbangkan Laporkan Cuitan 'Paha Mulus Calon Wawali Kota Tangsel'
Rahayu Saraswati Djojohadikusumo (Instagram: Rahayusaraswati)

Bagikan:

JAKARTA - Calon wakil wali kota Tangerang Selatan Rahayu Saraswati Djojohadikusumo sedang mempertimbangkan untuk menempuh jalur hukum terhadap cuitan kader Partai Demokrat Cipta Panca Laksana melalui akun Twitternya @panca66.

Panca lewat akun Twitter sempat mencuitkan pernyataan yang bernada pelecehan seksual. "Pahanya calon wakil wali kota Tangsel itu mulus banget," begitu bunyi cuitan Panca yang diunggah pada Jumat, 4 September. Sekarang cuitan ini dihapus.

Pertimbangan Sara ini muncul setelah banyaknya aktivis perempuan maupun mereka yang anti kekerasan seksual memberikan dorongan terhadap dirinya untuk melaporkan tindakan pelecehan virtual tersebut.

"Muncul pertanyaan apakah akan saya laporkan secara hukum. Sekali lagi, kegiatan saya sangat padat dan saya fokus sosialisasi kepada masyarakat. Saya sampaikan bahwa akan saya pertimbangkan," kata Sara dikutip dari keterangan tertulisnya, Senin, 7 September.

Keponakan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto itu kembali menegaskan kekecewaannya dengan tokoh politik yang mengobjektifikasi perempuan apalagi seorang calon kepala daerah seperti dirinya.

"Saya kecewa ada tokoh politik yang mengobjektifikasi perempuan, apalagi seorang calon pimpinan daerah," tegasnya.

"Tapi kalau memang bukan saya yang dimaksud, ya, mungkin saja yang dimaksud adalah rival-rival saya yang notabene adalah laki-laki semua, karena jelas yang disebut adalah 'calon wakil wali kota Tangsel' bukan calon wali kotanya. Ya, kalau demikian, tentu itu hak dua calon yang lain untuk menanggapi," imbuhnya.

Sebelumnya, setelah mencuitkan pernyataan tanpa nama tersebut, Panca kemudian menghapus tulisannya itu. Kader Demokrat itu, melalui akun Twitternya @panca66 juga menyampaikan permintaan maafnya.

"Sehubungan twit pribadi saya mengenai paha mulus cawalkot Tangsel sudah terlanjur viral, dengan ini saya mendelete twit tersebut. Mohon maaf kepada pihak2 yang merasa tersinggung dengan twit tersebut. Memang gaya saya di twitter seperti itu. Sekali lagi mohon maaf,” kata Panca lewat akun Twitter @panca66, Senin, 7 September.

Meski begitu, hingga cuitan ini dihapus, Panca membantah jika cuitan tersebut ditujukan bagi Sara yang sempat mengunggah fotonya saat melakukan olah raga lari dan menggunakan celana pendek.

“Silakan saja dia (Sara) berasumsi begitu, saya enggak ada menyebut nama dia,” kata Panca, Minggu, 6 September.