Restoran Indonesia Siap Invasi Dunia, Menparekraf Sandiaga Uno Prediksi Akhir 2024 Bisa Capai 4 Ribu Unit
Sandiaga Uno (Foto via Kementerian)

Bagikan:

JAKARTA - Industri kuliner tanah air tidak main-main. Indonesia akan menginvasi pasar global dengan membuka 4 ribu restoran ke beberapa negara.

Rencana itu sedang dirumuskan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif Sandiaga Uno. Ia menargetkan 4 ribu restoran Indonesia bisa tercapai paling lama hingga akhir 2023 atau awal 2024.

"Pembukaan restoran Indonesia di uar negeri itu bertujuan untuk mempromosikan Indonesia,” ujar Sandiaga Uno di Medan beberapa hari lalu, seperti diambil redaksi keterangannya, Minggu 6 Februari 2022.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, target menginvasi 4 ribu restoran di beberapa negara merupakan Program Indonesia Spice Up the World.

Tidak cuma itu. Sandiaga Uno pun menyebut bahwa peningkatan nilai ekspor produk bumbu dan rempah Indonesia akan ditargetkan hingga mencapai 2 miliar USD.

Sudah ada beberapa jenis bumbu yang dijual seperti bumbu rendang, nasi goreng, sate, dan soto. Termasuk rempah seperti lada, jahe, pinang, dan lain-lainnya sudah berkembang di beberapa negara.

“Harapan Indonesia menjadi destinasi kuliner dunia diharapkan cepat terwujud sehingga wisatawan merasakan ada nilai tambah datang ke Indonesia,” imbuhnya.