Percepat Vaksinasi Anak-anak dan Lansia, Pekanbaru Tambah Stok Vaksin 32.000 Dosis
Ilustrasi/antara

Bagikan:

PEKANBARU - Pemerintah Kota Pekanbaru kembali mendapat tambahan stok vaksin COVID-19 sebanyak 32.000 dosis jenis CoronaVac dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia.

Tambahan ini guna mempercepat capaian vaksinasi terutama untuk anak-anak dan kaum lanjut usia.

"Untuk stok dosis vaksin sampai saat ini masih mencukupi karena memang kita kembali mendapatkan ribuan dosis dari Kemenkes," kata Kepala Dinas Kesehatan Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih di Pekanbaru, dilansir Antara, Kamis, 3 Februari.

Zaini mengatakan saat ini vaksin tersebut sudah disimpan di Gudang Instalasi Farmasi Logistik di Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru, untuk selanjutnya akan didistribusikan sesuai keperluan seperti di Puskesmas, rumah sakit, atau fasilitas kesehatan lainnya.

Untuk mengejar target capaian vaksinasi di Kota Pekanbaru, lanjut dia, Dinas Kesehatan telah bekerjasama dengan berapa instansi maupun sekolah.

"Mudah-mudahan dengan begitu, capaian vaksinasi di Pekanbaru bisa mencapai target guna mencapai kekebalan kelompok agar terhindar dari paparan COVID-19," katanya.

Dia menambahkan, saat ini realisasi dari vaksinasi di Pekanbaru bagi anak usia 6-11 tahun mencapai 103.017 orang. Sementara yang telah divaksinasi pertama yakni 43.437 atau sebesar 42,16 persen.

"Sedangkan realisasi vaksinasi yang kedua baru 1,34 persen atau sebanyak 1.383 anak," katanya menambahkan.

Zaini juga mengimbau kepada orang tua murid agar tidak takut atau khawatir mendaftarkan anaknya untuk divaksin COVID-19 karena selama ini di wilayah Kota Pekanbaru tidak ditemukan masalah berarti terhadap anak usai divaksin.

"InsyaAllah aman, jangan percaya hoaks yang beredar," katanya.