Di Papua Barat Warga Diperiksa Sehari Sebelum Divaksin
Vaksinasi massal di kabupaten Manokwari Papua Barat. Warga mendapat pemeriksaan kesehatan sebelum dinyatakan layak menerima vaksin COVID-19 (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Satuan tugas penanganan COVID-19 Provinsi Papua Barat mendorong pelaksanaan vaksinasi ramah dan aman bagi penduduk daerah ini dengan pemeriksaan sehari sebelum divaksin.

Ketua harian Satgas COVID-19 Papua Barat Derek Ampnir di Manokwari, Kamis, mengatakan bahwa dengan metode pemeriksaan sehari sebelum divaksin, petugas akan lebih teliti mendiagnosa warga sebelum dinyatakan layak menerima vaksin.

"Pemeriksaan kesehatan merupakan indikator penting untuk mengetahui risiko seseorang terhadap vaksin COVID-19, petugas akan lebih teliti jika pemeriksaan kesehatan dilakukan sehari sebelum warga divaksin," ujar Derek Ampnir dikutip Antara, Minggu, 23 Januari.

Ia mengatakan, metode ini bertolak dari pengalaman pelaksanaan vaksinasi satu tahun di sejumlah daerah di Papua Barat kerap diprotes warga dengan berbagai tudingan vaksinasi.

"Akan ada cukup waktu jika pemeriksaan dilakukan sehari sebelum warga divaksin, sehingga apabila warga punya riwayat sakit penyerta (komorbit) bisa dirujuk untuk menjalani pengobatan secara komprehensif," ujar Ampnir.

Ia mengakui, bahwa pemeriksaan cepat terkadang petugas kurang teliti atau kemungkinan faktor human error bisa terjadi dengan antrean warga di tempat pelayanan.

"Selain human error, dalam kebanyakan kasus, warga tidak sepenuhnya jujur atau bahkan tidak mengetahui kondisi kesehatannya sendiri," kata Ampnir.

Ia juga mengatakan kesadaran masyarakat Papua Barat untuk divaksin sudah terbentuk, namun pada beberapa kasus masih meninggalkan trauma pada kelompok masyarakat tertentu di daerah.

"Tentu upaya sosialisasi masih terus dilakukan terhadap kelompok masyarakat yang belum divaksin hingga mencapai 70 persen kekebalan penduduk Papua Barat," ucapnya.