Prakiraan Cuaca BMKG, Hujan Melanda Sejumlah Kota, Kondisi Jakarta Begini
Prakiraan cuaca hari ini dari BMKG akan terjadi hujan di sejumlah wilayah. Ilustrasi awan hitam menyelimuti langit Kota Palu, Sulawesi Tengah. (Dok Antara) 

Bagikan:

JAKARTA - Sebelum Anda lebih jauh dengan aktivitas hari ini ada baiknya menyimak dulu prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Menurut pengamatan, BMKG memperkirakan sebagian kota besar di Tanah Air akan mengalami hujan ringan pada Kamis 20 Januari. 

Kota besar yang diperkirakan hujan ringan yakni Semarang, Pontianak, Banjarmasin, Samarinda, Tarakan, Ternate, Manokwari, Makassar, Kendari, dan Manado. Sementara kota yang diperkirakan hujan sedang yakni Denpasar, Bandung, Surabaya, dan Mataram. Kota yang diperkirakan hujan lebat yakni Mamuju, Kupang, dan Ambon.

Selain itu, BMKG juga memperkirakan terdapat sejumlah kota besar yang berawan yakni Serang, Yogyakarta, Jakarta Pusat, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Bandar Lampung, Jayapura, dan Palembang.

Cauca.
Ilustrasi cuaca berawan. (Dok Antara)

Kota besar yang diperkirakan cerah oleh BMKG yakni Banda Aceh. Kota yang diperkirakan cerah berawan yakni Bengkulu, Gorontalo, Jambi, Pekanbaru, Padang, dan Medan. Pada malam harinya, BMKG memperkirakan sebagian besar kota di Tanah Air juga akan berawan dan hujan ringan.

Sementara itu untuk Ibu Kota DKI Jakarta mengalami hujan ringan pada Kamis pagi hari hingga siang hari di sejumlah wilayah kota administrasi dan kondisi cuaca diprediksi berawan pada malam harinya.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari laman resmi BMKG yang dikutip di Jakarta, Kamis, hujan ringan diprediksi terjadi pada pagi dan siang hari di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

Jakarta hujan
Jakarta diperkirakan hujan. (Dok Antara)

Wilayah Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu diprakirakan berawan pada pagi dan siang harinya. Kepulauan Seribu juga berpotensi terjadi hujan ringan pada malam hari, sementara wilayah Jakarta lainnya diprakirakan cerah berawan di malam hari.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di wilayah Kepulauan Seribu dan Jakarta Utara pada pagi hari.

Cuaca Kota Tangerang sebagai daerah penyangga Ibu Kota diprakirakan berawan sepanjang hari ini. Sedangkan kota penyangga Ibu Kota lainnya seperti Bekasi hanya berawan di pagi hari dan hujan ringan pada siang dan malam hari.

Kota Depok dan Kota Bogor diprakirakan akan mengalami hujan ringan sepanjang hari ini. BMKG juga mengeluarkan peringatan dini terhadap potensi hujan yang disertai kilat atau petir dan angin kencang pada siang hingga malam hari untuk Kota Depok, serta Kota dan Kabupaten Bekasi.

Demikian prakiraan cuaca hari ini dari BMKG semoga bermanfaat untuk Anda, terutamma yang akan beraktivitas di luar rumah.