13 Ekor Gajah Liar Rusak Kebun Milik Warga Aceh Barat
Warga menunjukan tanaman kelapa sawit yang dirusak kawanan gajah liar di Desa Seumantok, Pante Ceureumen, Aceh Barat, Aceh, Senin 24 Agustus (Foto: Syifa Yulinnas/Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak 13 ekor gajah liar merusak sejumlah tanaman kebun milik masyarakat di Desa Seumantok, Kabupaten Aceh Barat.

Tanaman kebun yang dirusak kawanan satwa liar di Desa Semantok, Kecamatan Pante Ceureumen itu adalah kelapa sawit, pinang, serta kebun kelapa milik petani.

“Untuk sementara tidak ada warga yang mengungsi akibat gangguan gajah liar ini, namun dampak kerusakan yang ditimbulkan menyebabkan petani merugi,” kata Camat Pante Ceureumen, Aceh Barat Teuku Juanda, dilansir Antara, Senin, 24 Agustus.

Menurutnya, gangguan belasan ekor gajah liar tersebut sudah terjadi sejak Sabtu, 22 Agustus hingga Minggu, 23 Agustus malam hari. Gajah liar ini menyasar lokasi perkebunan warga yang jauh dari pemukiman penduduk, ketika masyarakat sudah kembali ke desa.

Akibatnya, banyak tanaman produktif yang rusak. “Untuk jumlah lahan kebun yang rusak saya belum bisa memastikannya, namun petani sangat terdampak,” kata Teuku Juanda.

Teuku Juanda berharap persoalan gangguan gajah liar yang kini mulai terjadi agar segera mendapatkan perhatian serius dari Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSA) Provinsi Aceh, untuk mendapatkan penanggulangan.

Ia khawatir apabila gangguan belasan gajah liar tersebut tidak segera ditangani, tidak menutup kemungkinan gajah akan memasuki pemukiman warga.