TransJakarta Kembangkan Sejumlah Rute Baru Menuju JIS, Saat Ini Sudah Ada Harmoni-JIS
Uasana pencahayaan Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok (Foto: Muhammad Adimaja/Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Usaha Milik Daerah DKI Jakarta, PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) berupaya mengembangkan sejumlah rute baru menuju Jakarta International Stadium (JIS) agar memudahkan akses warga Jakarta menuju stadion yang berlokasi di Papanggo, Jakarta Utara tersebut.

Selain itu, perluasan rute menuju JIS ini juga dilakukan untuk mendukung warga menggunakan transportasi umum, mengingat keterbatasan kapasitas parkir yang tersedia di JIS.

"Saat ini kita baru buka satu (rute), nanti bertahap akan terus kita kembangkan seiring minat masyarakat terus berkembang, 'demand' juga akan terus berkembang. Kita tentu saja akan membuka rute-rute baru," kata Direktur Pelayanan dan Pengembangan PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) Achmad Izzul Waro dalam diskusi via Instagram di Jakarta, dilansir Antara, Minggu, 12 Desember.

Izzul mengatakan saat ini TransJakarta sudah membuka rute baru Harmoni-JIS.

Rute baru ini menyediakan dua armada medium yang melayani pelanggan dan beroperasi pada Senin hingga Jumat pada pukul 06.00-10.00 WIB dan sore pukul 15.00-21.00 WIB dengan tarif Rp3.500 sekali jalan dan waktu perjalanan selama 20 menit.

Lintasan rute TransJakarta JIS-Harmoni meliputi: Halte Harmoni-Jalan Juanda-Jalan Pos-Jalan Dr. Sutomo-Jalan Gunung Sahari-Jalan Underpass Angkasa-Jalan HBR Motik-Jalan Danau Sunter Barat-JIS.

Izzul berharap pembukaan rute baru menuju JIS itu dapat dimanfaatkan dan berdampak terhadap prestasi dari kesebelasan yang akan bertanding di stadion canggih berkapasitas 82.000 penonton tersebut.

"Ini sebuah maha karya yang patut dibanggakan dan harapannya nanti ini bisa mendukung prestasi kesebelasan kesayangan kita baik di timnas maupun level klub," ujar Izzul.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak warga yang ingin datang ke Jakarta International Stadium menggunakan layanan transportasi umum.

Anies mengatakan bahwa meski memiliki kapasitas penonton yang besar, namun JIS hanya menyediakan lahan parkir kendaraan yang sedikit.

"Stadion ini kapasitasnya 82 ribu, tapi tempat parkirnya tidak 82 ribu. Tempat parkirnya sedikit sekali yang datang ke sana harus naik kendaraan umum," kata Anies.