Viral di WhatsApp! 1,4 Juta Warga China Ikut Tes CPNS, 'Padahal Rakyat Indonesia Banyak yang Nganggur', Cek Kebenarannya!
Peserta mengikuti seleksi kompetensi bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Senin 29 November (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Beredar informasi berantai di WhatsApp yang menyebut bahwa sebanyak 1,4 juta warga China mengikuti seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS). 

"Astagfirullah warga china dikasih kesempatan utk jadi PNS, padahal rakyat Indonesia sendiri masih banyak nganggur ! Yaa Allah cabutlah dan runtuhkanlah segera rezim ini" demikian narasi informasi tersebut yang menyematkan tautan sejumlah berita.

Tangkapan layar dari turnbackhoax.id

Setelah ditelusuri turnbackhoax.id, faktanya informasi tersebut merupakan hoaks dan termasuk konteks yang salah karena konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah.

Sumber tersebut membagikan artikel "1,4 Juta Warga China Ikut Tes PNS 2021, Persaingan Superketat" dengan narasi yang TIDAK sesuai dengan fakta, sehingga menimbulkan kesimpulan yang SALAH.

Tangkapan layar dari turnbackhoax.id

Sedangkan dilihat dari sumber foto yang merupakan konteks aslinya dari berita Reuters tentang Pencari kerja memadati bursa kerja di Liberation Square di Shijiazhuang, provinsi Hebei, Cina 25 Februari 2018. Gambar diambil 25 Februari 2018.

Sementara itu, artikel yang dibagikan, jpnn.com: "jpnn.com, BEIJING – Sekitar 1,42 juta warga China bersaing ketat memperebutkan 31.200 posisi sebagai pegawai negeri sipil (PNS) setempat untuk formasi tahun 2021.”

Tangkapan layar dari turnbackhoax.id