Bandara Ngurah Rai Bali Siapkan Jalur Khusus Atlet Indonesia Badminton Festival
Bandara Ngurah Rai Bali/IST

Bagikan:

DENPASAR - Pengelola Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali menyiapkan fasilitas jalur khusus di bandara untuk kedatangan para kontingen atlet yang akan bertanding pada ajang Indonesia Badminton Festival 2021.

Turnamen bulu tangkis berskala internasional Indonesia Badminton Festival 2021 itu akan diselenggarakan di Pulau Dewata Bali dan diikuti atlet dari 24 negara pada 16 November 2021 hingga 5 Desember 2021 mendatang.

"PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali antusias dalam kegiatan berskala internasional ini. Dengan ditunjuknya Pulau Bali sebagai tuan rumah ajang turnamen bulu tangkis, maka selaku operator bandara kami menyiapkan fasilitas khusus kedatangannya", kata General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali Herry A.Y. Sikado kepada wartawan, Rabu, 10 November.

Dia mengatakan  telah menyiapkan jalur khusus bagi para atlet menggunakan parkir pesawat A25 menuju akses gate 1C agar proses kedatangannya lebih lancar.

"Di jalur itu tetap ada pemeriksaan dari petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan baik pengecekan suhu tubuh serta dokumen perjalanan, sekaligus sebagai salah satu filter untuk mengantisipasi penyebaran pandemi COVID-19," katanya.

Bandara Ngurah Rai Bali/IST

Herry Sikado menjelaskan, sebelum kedatangan kontingen Indonesia Badminton Festival 2021, pihaknya juga telah berkoordinasi bersama stakeholder atau pemangku kepentingan terkait untuk membahas teknis kedatangan para atlet di area Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

"Sehingga protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19 ini dapat tetap berjalan, apalagi seluruh kontigen atlet diberangkatkan menggunakan pesawat carter, tidak bercampur dengan penumpang umum lainnya," ungkapnya.

Kloter pertama kontingen atlet Indonesia Badminton Festival 2021 telah tiba di Bandara Ngurah Rai Bali pada Rabu (10/11) dini hari tadi dengan menggunakan maskapai Batik Air registrasi PK-LZH rute Jakarta-Bali.

"Pesawat itu mengangkut sebanyak 149 orang penumpang. Berikutnya, jadwal kedatangan atlet terakhir hingga 11 November 2021 mendatang," ujar Herry Sikado.

Dia menambahkan, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai sebagai salah satu pintu gerbang Pulau Bali juga terus berupaya melakukan antisipasi penyebaran COVID-19 melalui berbagai upaya pencegahan pandemi di area bandara.

"Melihat kondisi pandemi COVID-19 di Pulau Bali sudah melandai, itu yang harus kami jaga. Selain itu, melalui kegiatan Indonesia Badminton Festival 2021 ini kami harap dapat mendukung peningkatan kunjungan pariwisata di Bali," katanya.