Doa Raja Salman untuk Umat Islam di Hari Raya Iduladha
Raja Salman (dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Raja Salman bin Abdulaziz menyampaikan ucapan Hari Raya Iduladha kepada seluruh umat Islam di seluruh dunia. Dirinya berharap di tengah pandemi ini, seluruh umat tetap merayakan Hari Raya Iduladha 1441 H.

"Kami juga meminta kepada-Nya (Allah SWT) untuk menerima ibadah yang dilakukan oleh jamaah haji dan untuk menerima doa-doa umat Islam dan menghapus pandemi COVID-19 di negara kami," ujar Raja Salman, seperti dikutip dari Antara, Jumat, 30 Juli.

Sementara itu, di Masjidil Haram, para jamaah melakukan sholat, dipimpin oleh Sheikh Dr. Abdullah Bin Awad Al-Juhani, imam dan penceramah Masjidil Haram, yang menyeru jemaah haji untuk takut hanya kepada Allah SWT.

 

Sheikh Al-Juhani mengatakan: "Ini adalah Hari Raya Idul Adha yang diberkati, hari dilakukannya ibadah haji, hari selesainya wahyu dan sempurnanya ajaran Islam."

"Salah satu tindakan ibadah terbaik dan terbesar adalah kewajiban menunaikan haji, yang merupakan rukun Islam kelima. Ini adalah kewajiban bagi setiap pria Muslim dan wanita Muslim yang mampu secara fisik dan materi. Bagi yang melaksanakan ibadah haji maka akan mendapatkan pahala yang besar."

Sheikh Al-Juhani memuji pemerintah Arab Saudi yang dipimpin oleh Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman karena mengatur haji dengan jamaah terbatas dalam rangka menjaga keamanan dan keselamatan mereka di Rumah Allah SWT di tengah pandemi virus corona.

Upaya tersebut menunjukkan bahwa salah satu ajaran dasar Islam adalah menyelamatkan hidup. Dia mengutip perkataan Yang Mahakuasa (dan jangan bunuh diri dan (jangan membuang tanganmu untuk binasa) bahwa Allah itu Maha Pemurah).

Di Madinah, sejumlah jamaah melaksanakan shalat Idul Adha di Masjid Nabawi yang dihadiri oleh Pangeran Faisal Bin Salman, Gubernur wilayah Madinah, dan wakilnya Pangeran Saud Bin Khaled Al Faisal, dan dipimpin oleh Sheikh Ahmed Bin Talib Bin Humaid , yang bertindak sebagai imam dan penceramah.