Google Pixel yang Kini Ditinggal Desainer Kameranya
Ilustrasi Google Pixel 4 (Popular Mechanics/Photo Trevor Raab)

Bagikan:

JAKARTA - Di balik kesuksesan flagship Google Pixel, ternyata perusahaan tersebut memiliki segudang masalah tersembunyi di balik layarnya. Kini dua eksekutif penting yang mengembangkan kamera Pixel, diam-diam telah angkat kaki dari Google.

Keduanya adalah teknisi kondang Marc Levoy dan mantan general manager Pixel Mario Queiroz. Mereka lebih dikenal sebagai tim kendali dari divisi yang mengembangkan kemampuan fotografi komputasi pada kamera Google Pixel.

Dilansir The Verge, Queiroz rupanya sudah lebih dulu mundur dari tim pengembang Pixel, tepatnya dua bulan sebelum peluncuran Pixel 4. Dirinya sempat dipindahkan ke divisi penting yang berkoordinasi langsung dengan CEO Google Sundar Pichai.

Namun selang beberapa bulan, pada Januari 2020 Queiroz justru hengkang dari Google dan bergabung ke Palo Alto Networks. Sementara Levoy, berdasarkan laman LinkedIn-nya, juga tercatat telah meninggalkan Google sejak Maret kemarin.

Kekecewaan atas mundurnya dua orang penting dari Pixel itu, sempat diutarakan pemimpin tim hardware Google, Rick Osterloh. Dirinya menduga alasan keduanya mundur karena ada silang pendapat soal kapasitas baterai yang akan dibenamkan pada Pixel 4.

Kritikan mengenai kapasitas baterai Pixel 4 2.800 mAh dan Pixel 4 XL 3.700 mAh, justru tidak mendukung kinerja processor canggih pada ponsel tersebut. Hal ini pula yang membuat angka penjualan Pixel 4 di pasaran stagnan, bahkan terbilang rendah di banding tahun sebelumnya.

Padahal saat itu, antusiasme pasar akan kehadiran Pixel 4 cukup tinggi. Untuk perbandingan, Google mengirim sekitar 3,5 juta Pixel 3, serta nyaris 3 juta unit Pixel 3A untuk periode sama di tahun sebelumnya. Namun, Pixel 4 hanya terjual sekira 2 juta unit pada kuartal pertama sejak dirilis.

Angka penjualan ini juga tak bisa menyaingi kompetitornya, yakni Apple. Menurut laporan IDC, Apple telah menjual 73,8 juta iPhone pada kuartal keempat 2019 ketika Pixel 4 dirilis.

Belum lagi rumor yang menyebutkan kalau Google akan menunda, peluncuran Pixel 4A pada akhir Mei nanti. Hal ini dikarenakan masa pandemi COVID-19 yang belum usai.

Kamera Google Pixel 4 (GSM Arena)

Sejatinya, Pixel 4 merupakan ponsel anyar dari Google yang diluncurkan pada 15 Oktober 2019. Google membekali Pixel 4 dengan kamera ganda di bagian belakang, masing-masing resolusinya 12,2MP telephoto yang mampu melakukan zoom 2x dan 16MP wide.

Fitur lain yang melengkapi kecanggihan kamera duo Pixel 4 adalah Night Sight, Live HDR+ yang bisa bekerja secara real-time, serta peningkatan fitur White Balance di setiap mode foto.

Google juga masih mempertahankan desain ponsel tanpa notch. Di bagian ini Google justru menempatkan kamera selfie yang memiliki resolusi 8MP, serta sensor time of flight (ToF). Alhasil tampilan depan, Pixel 4 jadi lebih tebal dibandingkan dengan ponsel flagship lainnya di pasaran.

Terkait