Ada Massa Aksi 212, Jalur Bus TransJakarta Dialihkan
Aksi Massa 212 (Diah Ayu Wardani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah jalur Transjakarta yang melewati kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jalan Medan Merdeka Barat dialihkan karena penutupan jalan. Penutupan jalan ini disebabkan adanya Aksi 212.

Humas PT Transportasi Jakarta Nadia Diposanjoyo menjelaskan ada 8 rute bus Transjakarta melakukan modifikasi sejumlah rute untuk optimalisasi layanan kepada pelanggan. 

Pada bus dengan Rute Bundaran Senayan - Senen, untuk sementara tidak melewati pemberhentian Museum Nasional sampai Tugu Tani 1. "Namun, untuk arah sebaliknya masih normal," kata Nadia dalam keterangan yang diterima VOI, Jumat, 21 Februari. 

Pada bus dengan rute Bundaran Senayan - Harmoni, pengalihan dilakukan dengan rute Bunsen - Menara Thamrin - traffic Light (TL) Bank Indonesia, kemudian belok kiri ke Jalan Kebon Sirih - TL Hotel Milenium, belok kiri ke Simpang Blok A, belok kanan via Jalan M. Fachrudin - Jati Baru - Jalan Cideng Barat - TL Tarakan, belok Kanan ke TL Harmoni, belok kanan ke Harmoni. 

"Pada rute ini, ada titik bus stop yang tidak melayani, yakni Bank Indonesia, Sapta Pesona, Monas, dan RRI," ungkap Nadia. 

Aksi Massa 212 (Diah Ayu Wardani/VOI)

Kemudian, pada bus dengan rute Harmoni arah Bundaran Senayan, modifikasi jalur dilakukan dari Harmoni - TL Lion Air belok kiri via Jalan Hasyim Asyari - TL Holland Bakery, kemudian belok kiri via Jalan Cideng Timur - TL Tarakan Lurus - Kolong FO Jatibaru, lalu belok kiri Via Jalan Jati Baru Raya - Jalan Milenium - Jalan Kebon Sirih - TL Bank Indonesia, belok kanan ke Bus Stop Wisma Mandiri - Bundaran Senayan. 

"Bus stop yang tidak melayani dalam rute ini adalah Monas-1, Monas-2, Monas-3, Balai Kota, dan Bank Indonesia," ungkapnya. 

Kemudian, pada Koridor 1 Blok M – Kota, pengalihan dilakukan di Blok M - Sarinah - TL Sarinah - TL Bank Indonesia, lalu belok kiri ke Jalan Kebon Sirih - Hotel Milenium, lalu belok kiri ke Jalan Fachrudin - Jati Baru lurus - Jalan Cideng Barat - TL Tarakan, belok kanan ke Halte Petojo - TL Harmoni belok kiri ke Harmoni – Kota. 

Pada rute sebaliknya, yakni Kota Arah Blok M, modifikasi rute dilakukan di Kota - Harmoni - TL Harmoni belok kanan ke Halte Petojo - TL Tarakan belok kiri ke Jalan Cideng Timur - Jalan Jati Baru - Hotel Tugu Asri -TL Hotel Milenium - Jalan Kebon Sirih - TL Bank Indonesia belok kanan - Halte Sarinah - Blok M. 

Selanjutnya, pada koridor 2 Harmoni – Pulogadung, Bus melewati koridor 5 rute Ancol – Kampung Melayu (pelayanan via almabar) dari harmoni belok kiri halte pecenongan, halte Juanda lurus TL lampu merah Almabar tekuk kanan lurus halte budi utomo lanjut halte Senen - masuk lagi koridor 2 rute Harmoni – Pulogadung - Halte senen sampai ke halte Pulo gadung (Begitu juga arah sebaliknya/ Pulogadung) jalur normal.

"Bus stop yang tidak melayani dalam rute ini adalah Monas, Balaikota, Gambir 2, dan Kwitang," jelas dia. 

Lebih lanjut, pada rute bus PIK – Balai Kota mengalami perpendekan rute dan hanya melayani sampai Halte Kota. Pada Rute bus MRT Dukuh Atas – Kota, untuk sementara tidak melewati pemberhentian Kementrian Pariwisata sampai pemberhentian Komplek Majapahit Permai.

Pada bus dengan Rute Pinang Ranti - Kota, untuk sementara tidak melewati Halte Monas dan Halte Bank Indonesia untuk kedua arahnya. Sementara, rute bus Kampung Melayu - Grogol, untuk sementara tidak melewati Halte Monas dan Halte Bank Indonesia untuk kedua arah.

Sebagai informasi, Massa Front Pembela Islam (FPI), GNPF Ulama, dan Alumni Persaudaraan (PA) 212 akan menggelar aksi unjuk rasa bertajuk 'Berantas Mega Korupsi Selamatkan NKRI' di depan Istana Negara, Jakarta. 

Pada aksi yang akan berlangsung, Jumat, 21 Februari, sekitar pukul 13.30 WIB, massa akan berorasi soal tak rampungnya perkara dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya dan suap yang menjerat Harun Masiku dan Wahyu Setiawan. Hingga kini, aksi masih berlangsung.