Ucapan Perayaan Imlek dari Presiden Jokowi

Ucapan Perayaan Imlek dari Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo (Foto: Twitter @jokowi)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan Selamat Tahun Baru Imlek 2571 melalui akun media sosial yang diunggah hari ini, Sabtu, 25 Januari. Unggahan ini juga menyematkan gambar barongsai dengan tulisan Gong XI Fa Cai dan beberapa orang yang sedang bermain lampion.

"Semoga kita semua semakin sejahtera, meraih cita-cita, penuh kedamaian, dan semakin maju,” kicau Presiden di akun media sosial Twitter. 

Perayaan Tahun Baru China sebagai hari libur ditetapkan lewat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 18 Tahun 2002 tanggal 9 April 2002. Keppres ini dikeluarkan oleh Presiden kelima Megawati Soekarnoputri.

Perayaan Imlek memiliki 12 hewan berbeda untuk menggambarkan tahun tersebut. Perayaan Imlek 2020 ini, merupakan tahun tikus, yang sebelumnya adalah tahun babi.

Tahun Baru China atau Imlek merupakan sebuah perayaan pergantian tahun yang tak hanya dirayakan di China, namun juga dirayakan di berbagai negara, termasuk Indonesia. 

Di sejumlah negara, perayaan yang juga disebut Spring Festival. Perayaan ini sudah terjadi 3.000 tahun lebih dan memiliki pesonanya tersendiri.  

Namun, pada tahun ini, banyak perayaan Imlek di China harus dibatalkan. Beijing dan Shanghai tidak akan menggelar perayaan Tahun Baru China yang meriah dikarenakan wabah virus corona. Wabah virus corona ini berasal dari Kota Wuhan, dan telah menginfeksi lebih dari 600 orang.