Empat Platform Streaming Musik Alternatif Selain Spotify
Aplikasi musik selain Spotify (foto: dok. unsplash)

أنشرها:

 

JAKARTA — Spotify merupakan salah satu layanan streaming musik dengan pengguna terbanyak. Platform ini menawarkan banyak pilihan musik, tetapi aplikasinya masih memiliki beberapa kekurangan. 

Layanan musik dengan lebih dari 600 juta pengguna itu memiliki biaya bulanan yang cukup tinggi. Selain itu, masih ada lagu dan genre yang tidak tersedia di Spotify. Jika Anda merasakan kekurangan tersebut, Anda bisa menggunakan layanan musik lain sebagai alternatif. 

Aplikasi musik pertama yang bisa menjadi rekomendasi adalah Apple Music. Dengan menggunakan layanan streaming musik buatan Apple, Anda bisa mendapatkan dukungan audio berkualitas tinggi melalui fitur suara immersive dengan pelacakan dinamis. 

Sayangnya, Apple Music tidak menyediakan versi gratis seperti Spotify. Jika Anda membutuhkan layanan musik gratis seperti Spotify dan tidak masalah dengan adanya iklan, Anda bisa beralih ke layanan musik buatan YouTube, yaitu YouTube Music. 

YouTube Music memiliki algoritma yang lebih canggih dalam pencarian lagu maupun album. Jika pengguna lupa dengan judul lagu yang ingin didengar, mereka hanya perlu mengetikkan lirik lagu yang diingat dan YouTube Music akan menampilkan lagu yang sesuai. 

Satu-satunya kekurangan dari aplikasi ini adalah keterbatasan pemutaran lagu di luar aplikasi. Setiap kali keluar dari aplikasi YouTube Music, lagu yang sedang diputar akan langsung berhenti. Lagu hanya bisa berjalan di latar belakang jika penggunanya berlangganan. 

Alternatif berikutnya untuk menghindari Spotify adalah Amazon Music. Aplikasi ini cukup terkenal di luar negeri dan menawarkan sesi mendengarkan lagu secara gratis. Hanya saja, versi gratis akan mengurangi kualitas audio dan pemilihan lagu akan dibatasi. 

Terakhir, ada platform musik bernama SoundCloud. Aplikasi ini pernah terkenal pada masanya, termasuk di Indonesia. Beberapa penyanyi memanfaatkan aplikasi ini untuk mengunggah lagi buatan mereka sehingga aplikasinya terasa lebih eksklusif. 

Namun, aplikasi ini tidak up-to-date seperti platform musik lainnya. Jika Spotify bisa langsung meluncurkan lagu para penyanyi dari berbagai negara secara resmi saat lagunya dirilis, SoundCloud tidak demikian. 


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)