أنشرها:

JAKARTA - Manchester City mendapat lawan enteng saat kembali berlaga di kompetisi Premier League Inggris. Ya, Southampton jelas lawan yang diprediksi menjadi bulan-bulanan Man City dalam duel di Stadion Etihad, Sabtu, 26 Oktober 2024 malam WIB. Soton pun jadi tangga Man City untuk kembali ke puncak.

Man City berpeluang memperpanjang rekor tak pernah kalah saat menghadapi lawan yang tak pernah menang. Ya, kedua tim memang sangat kontras, tidak hanya soal posisi tetapi juga performa. Man City menjaga persaingan di papan atas dan menduduki peringkat dua dengan poin 20.

Bila menang lawan Soton, maka Man City kembali mengkudeta Liverpool yang hanya unggul satu poin. Peluang mempertahankan posisi di puncak pun bakal lebih lama karena Liverpool terancam kehilangan poin. Mereka bertemu lawan tangguh, Arsenal, di Emirates.

Ini yang menjadikan pasukan Pep Guardiola yakin bakal menguasai takhta klasemen dan Soton menjadi tanggal paling ideal untuk memenuhi target. Bagaimana tidak, The Saint tak mampu bersaing di kasta tertinggi setelah promosi dari Championship.

Bahkan Soton belum pernah menang dan baru mengoleksi satu poin dengan berada di zona degradasi. Mereka menduduki peringkat 19 atau satu strip di atas Wolverhampton Wanderers yan berada di dasar klasemen.

Bila tak kunjung memperbaiki peringkat, Soton bakal sekadar numpang lewat di Liga Premier dan musim depan sudah kembali ke Championship.

Persoalannya, performa tim tamu memang sangat melempem. Meski sudah mendatangkan kiper Aaron Ramsdale dari Arsenal, namun mereka tetap kesulitan menahan agar tidak kebobolan.

Pada tiga laga terakhir, tim asuhan Russell Martin ini selalu menelan kekalahan. Mereka pun sudah kebobolan sembilan kali. Total, Soton sudah kemasukan 18 kali yang menjadikan mereka sebagai tim dengan pertahanan terburuk kedua setelah Wolves.

Ancaman pemecatan pun membayangi Martin. Dan, rencana itu kemungkinan bakal segera menjadi kenyataan karena mereka menghadapi tim kelas berat di Liga Inggris. Martin dan manajer Manchester United Erik ten Hag berada di posisi terdepan yang bakal dipecat klub masing-masing.

Soton memang sangat kontras dibandingkan Man City yang tengah on fire. Juara bertahan Premier League ini menduduki peringkat dua. Mereka juga menunjukkan ketajaman dengan menghajar dua lawan di Liga Champions, Slovan Bratislava (4-0) dan kemudian Sparta Praha dengan skor 5-0. Di kompetisi domestik, The Cityzens menaklukkan Fulham 3-1 dan menang kontroversial 2-1 atas Wolves.

Di laga melawan Soton, Guardiola kembali mengandalkan striker maut Erling Haaland yang mencetak brace di laga melawan Sparta. Di laga itu, Haaland mencetak gol akrobatik dengan melompat dan kemudian menendang bola dengan tumit. Haaland mencetak gol dengan membelakangi gawang sehingga dirinya mendapat pujian habis dari Guardiola.

"[Gol] itu seperti tidak normal bagi manusia. Itu gol yang tidak normal bila dilakukan manusia biasa," ucap Guardiola yang memuji Haaland yang masih bisa mencetak dua gol meski mendapat pengawalan ketat.

"Saya tahu itu tak mudah bagi dia karena mereka [Sparta] bertahan di kotak penalti. Tidak ada ruang karena dia seperti dikepung tiga bek tengah. Sedangkan dua gelandang bertahan ada di dekat dia," ujar eks pelatih Barcelona ini.

"Jelas, tidak ada ruang bagi dia. Setiap kali mendapat umpan bilang, selalu ada pemain yang berusaha memeluk atau mendorong dia. Ini jelas tak mudah bagi dia," katanya.

Di laga itu Guardiola masih belum bisa menurunkan skuad terbaik. Gelandang Jack Grealish dan Jeremy Doku bakal absen karena cedera. Mereka menyusul sejumlah rekan seperti Rodri dan Oscar Bobb yang absen lama karena cedera berat. Sedangkan Kevin De Bruyne dan Kyle Walker juga sudah lebih dulu menepi.

Ini yang menjadikan Guardiola agak kesulitan merotasi pemain sehingga kiper Ederson, Josko Gvardiol dan Mateo Kovacic bakal menjadi starter

Sementara, Soton bakal tidak diperkuat Ryan Fraser karena suspended. Sedangkan Gavin Bazunu, Ross Stewart dan William Smallbone belum pulih dari cedera. Begitu pula Yukinari Sugawara diragukan tampil.

Namun Martins bisa menurunkan Jack Stephens yang absen selama tiga pertandingan karena larangan bermain, Jan Bednarek dan eks bek Man City Taylor Harwood-Bellis.

Di tengah ada Joe Aribo could yang bahu-membahu dengan Flynn Downes dan Mateus Fernandes. Sedangkan Tyler Dibling akan berduet dengan striker Cameron Archer yang mencetak dua gol dari dua laga terakhir Soton

Hanya Soton diprediksi tetap kesulitan membendung Man City. Lalu berapa gol yang tercipta karena Man City tampaknya bakal kembali pesta gol

Prakiraan Susunan Pemain

Manchester City (3-2-4-1): Ederson; Stones, Dias, Gvardiol; Lewis, Kovacic; Savinho, Bernardo, Foden, Nunes; Haaland

Southampton (3-5-2): Ramsdale; Stephens, Bednarek, Harwood-Bellis; Walker-Peters, Aribo, Downes, Fernandes, Manning; Dibling, Archer


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)