أنشرها:

JAKARTA - Barcelona berambisi mencetak rekor sempurna dengan meraih kemenangan kedelapan saat melakoni laga tandang melawan Osasuna di La Liga Spanyol di Stadion El Sadar, Minggu, 29 September 2024 dini hari WIB.

Barca menjadi satu-satunya tim yang selalu meraih kemenangan di kompetisi domestik. Pencapaian mengesankan itu membawa Barca menduduki puncak klasemen. Barca yang mengantungi poin 21 leading sendirian karena sudah unggul empat poin dengan Real Madrid yang menduduki peringkat dua.

Tampil cemerlang di La Liga, Barca justru melakukan start buruk di Liga Champions. Pada laga pertama melawan Monaco, mereka dipaksa menyerah 2-1. Usai menghadapi tim Ligue 1 Perancis ini, Blaugrana bertemu lawan ringan Young Boys.

Namun sebelum meladeni tamunya di kompetisi Eropa, tim asuhan Hansi Flick menghadapi tuan rumah Osasuna yang saat ini menduduki peringkat tujuh dengan memiliki 11 poin. Flick optimistis tim bisa mempertahankan tren menang sat bermain di kandang lawan.

"Tentu menyenangkan bila kembali meraih kemenangan. Tetapi kami tidak fokus pada rekor. Selain itu kami menghadapi lawan yang tidak mudah. Dari 11 poin yang diraih Osasuna, mereka meraih 10 poin di laga kandang. Suporter mereka sangat mendukung timnya. Namun saya senang dengan atmosfer yang seperti itu," ucap Flick.

Bukan tanpa alasan Barca masih menjadi unggulan meski Osasuna selalu bermain bagus di kandang sendiri. Pasalnya Barca memiliki rekor mengesankan karena tak pernah kalah saat menghadapi Osasuna sejak 2020.

Pada lima laga sebelumnya, Barca selalu menang atas lawannya. termasuk di musim lalu saat Barca ditangani Xavi Hernandez, mereka tercatat menang dua kali secara skor sama 2-1.

Barca memang tengah on fire. Pada laga terakhir, mereka sukses menaklukkan Getafe 1-0 lewat gol tunggal Robert Lewandowski sekaligus mengukuhkan dia sebagai top skor La Liga dengan mengoleksi tujuh gol.

Hanya, Barca menghadapi kendala cedera pemain. Termasuk kiper Marc-Andre ter Stegen yang mengalami cedera lutut di laga melawan Getafe. Cedera itu memaksa Ter Stegen menepi hingga waktu yang cukup lama.

Posisi Ter Stegen bakal digantikan Inaki Pena yang belum kebobolan sejak menggantikan Ter Stegen berdiri di bawah mistar. Persoalannya, Flick belum sepenuhnya yakin dengan kemampuan Pena untuk mengawal Barca meraih trofi. Buntutnya, Barca mencari kiper anyar yang dikontrak hingga akhir musim.

Namun Pena siap membuktikan dirinya tetap layak mendapat kepercayaan dari Flick. Pena berharap bisa mengikuti jejak Andriy Lunin di Real Madrid. Dirinya menjadi andalan Madrid saat Thibaut Courtois mengalami cedera dan harus beristirahat lama.

Flick sesungguhnya kehilangan tidak hanya kehilangan Ter Stegen. Barca tak bisa diperkuat sejumlah pemain pilar, di antaranya Dani Olmo, Gavi, Frenkie de Jong, Ronald Araujo, Fermin Lopez, Andreas Christensen hingga defender Inigo Martinez. Namun De Jong dan Gavi sudah pulih. Mereka pun telah menjalani latihan bersama. Namun Flick belum memastikan keduanya bisa tampil.

"Dari latihan yang sudah diikuti, De Jong dalam kondisi bagus dan segea kembali bermain. Gavi juga sudah pulih," kata Flick.

Osasuna sendiri berharap meraih tiga poin saat melakoni laga kandang. Pada dua laga terakhir, mereka menang 2-1 atas Las Palmas dan kemudian bermain imbang 0-0 melawan Valencia.

Hanya, Osasuna masih tidak diperkuat Iker Munoz dan Kike Barja yang masih bergulat dengan cederanya. Namun pelatih Vicente Moreno bisa mengandalkan pemain depan timnas Kroasia Ante Budimir. Dirinya akan bahu-membahu dengan Bryan Zaragoza, pemain pinjaman dari Bayern Munchen, untuk menopang Aimar Oroz.

Prakiraan Susunan Pemain

Osasuna (4-3-3): Herrera; Areso, Boyomo, Herrando, Bretones; Moncayola, Torro, M Gomez; Zaragoza, Budimir, Oroz

Barcelona (4-2-3-1): Pena; Kounde, Cubarsi, I Martinez, Balde; E Garcia, Pedri; Yamal, Torre, Raphinha; Lewandowski


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)