أنشرها:

JAKARTA - Timnas Indonesia U-20 melakoni laga terakhir Grup B Maurice Revello Tournament 2024 atau Toulon Cup melawan Italia U-21 di Stade d'Honneur Marcel Roustan pada Rabu, 12 Juni 2024.

Garuda Asia harus mengakui keunggulan Italia dengan skor melalui gol Antonio Raimondo (38')

Italia U-21 tampil mendominasi pada paruh pertama. Mereka tercatat membuat 70 persen penguasaan bola dan melepas lima tembakan, satu di antaranya tepat sasaran dan berbuah gol.

Indonesia U-20 tak bisa berbuat banyak di babak pertama. Anak asuh Indra Sjafri cuma bisa melepaskan satu tembakan dari 30 persen penguasaan bola.

Meski demikian, Garuda Asia bermain cukup berani. Ketika menguasai bola, mereka bisa membangun serangan melalui operan pendek. Namun, serangan mereka selalu kandas sebelum masuk kotak penalti.

Lini pertahanan Indonesia U-20 pun terbilang cukup baik. Hanya saja, mereka kecolongan pada menit ke-38 ketika Raimondo masuk papan skor usai mengonversi umpan Niccolo Pasilli.

Keunggulan 1-0 Italia U-21 itu bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, permainan Indonesia U-20 mengalami perubahan. Pertahanan mereka lebih solid ketimbang babak pertama.

Serangan-serangan Italia U-21 kerap mentah sebelum masuk kotak penalti. Selain itu, anak asuh Indra Sjafri lebih berani dalam melancarkan serangan.

Skema serangan balik cepat dan operan pendek lumayan merepotkan pertahanan Italia U-21.

Indonesia U-20 bahkan bisa melepaskan tembakan tepat sasaran pada menit ke-64 melalio Arlyansyah Abdulmanan dari luar kotak penalit usai melewati dua pemain lawan. Namun, tendangan itu masih bisa diamankan kiper Italia, Filippo Rinaldi.

Italia U-21 sejatinya sanggup membuat sembilan tembakan pada babak kedua, tiga di antaranya mengarah ke gawang. Hanya saja, usaha mereka gagal berbuah gol tambahan.

Begitu pun Indonesia U-20. Berbagai serangan untuk mencari gol penyama kedudukan selalu kandas.

Alhasil, skor 1-0 untuk keunggulan Italia U-21 atas Indonesia U-20 bertahan hingga laga usai.

Bagi Indonesia U-20, kekalahan itu menjadi yang keempat dari empat pertandingan Grup B. Garuda Asia tanpa poin yang berujung menjadi juru kunci atau peringkat kelima.

Mengakhiri fase grup sebagai peringkat terakhir, Indonesia U-20 masih harus melakoni satu pertandingan lagi, yaitu perebutan peringkat kesembilan.

Korea Selatan akan menjadi lawan di Stade Rene Gimet pada 14 Juni 2024 waktu setempat.

Taegeuk Warriors juga mengakhiri Grup A dengan catatan minor. Mereka hanya mengemas satu poin dari hasil satu seri dan tiga kekalahan.

Indonesia sudah dua kali mengikuti Maurice Revello Tournament sebelumnya. Pada 2017, Garuda Muda juga menjadi juru kunci tanpa poin dari tiga laga menghadapi Republik Ceska, Skotlandia, dan Brasil.

Kala itu, turnamen dengan nama lain Toulon Cup tersebut cuma ada regulasi hingga perebutan peringkat ketiga.

Lalu, pada keikutsertaan kedua pada 2022, Indonesia finis di peringkat ke-10 turnamen. Catatan Garuda Muda di fase grup berakhir di peringkat ketiga dari empat peserta.

Indonesia mengemas tiga poin dari hasil satu kali menang melawan Ghana (1-0) dan dua kali kalah kontra Venezuela (0-1) serta Meksiko (0-2).

Pada perebutan peringkat ke-10, Indonesia harus mengakui unggulan Aljazair dengan kekalahan babak adu penalti 3-4 setelah laga berakhir 1-1.

Pada edisi 2022, Maurice Revello Tournament menyajikan hingga perebutan peringkat ke-11 karena jumlah peserta ada 12.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)