أنشرها:

JAKARTA - Athletic Bilbao membuka peluang ke final Copa del Rey setelah meraih kemenangan 1-0 pada semifinal pertama melawan Atletico Madrid di Stadion Metropolitano, Kamis, 8 Februari 2024 dini hari WIB.

Duel dua tim papan atas La Liga Spanyol saat Athletic menyambangi markas Atletico. Kedua tim juga bersaing ketat di kompetisi.

Atletico yang berada di peringkat empat atau zona Liga Champions memiliki poin 48. Mereka hanya unggul tiga poin dengan Athletic yang menempati posisi lima. Athletic pun bersaing ketat dengan Los Colchoneros memperebutkan satu tiket ke Liga Champions.

Saat tampil di semifinal pertama Copa del Rey, Atletico sesungguhnya lebih diunggulkan. Mereka memberikan tekanan terhadap pertahanan tim tamu.

Paling tidak ada peluang bagus dari Rodrigo de Paul, Memphis Depay dan Antoine Griezmann yang seharusnya bisa dikonversi menjadi gol saat mengawali pertandingan. Namun semua peluang itu gagal.

Sebaliknya, Athletic yang berhasil unggul lewat penalti Alex Berenguer di menit 25. Penalti diberikan setelah bek tuan rumah Reinildo Mandava melakukan pelanggaran terhadap Benat Prados.

Eksekusi Berenguer pun sukses mengecoh kiper Jan Oblak yang salah membaca arah bola. Keunggulan 1-0 Athletic bertahan sampai akhir babak pertama.

Saat memasuki babak kedua, Atletico meningkatkan serangan. Namun tim tamu bertahan dengan sangat baik. Apalagi, kiper Julen Agirrezabala bermain cemerlang. Dirinya secara gemilang menggagalkan peluang bagus dari Samuel Lino dan Alvaro Morata.

Tuan rumah mendapat kesempatan menyamakan skor saat meminta penalti menyusul pelanggaran Yeray Alvarez terhadap Morata di kotak terlarang saat memasuki injury time.

Namun setelah meninjau lewat VAR, wasit menilai tidak perlu ada penalti. Sampai akhir laga skor tetap 1-0 untuk Athletic.

"Tim bermain bagus di babak pertama. Kami juga punya peluang di babak kedua, tetapi gagal menyamakan skor," kata pelatih Atletico Diego Simeone menanggapi kekalahan tim.

Kekalahan Atletico di kandang sendiri memberi keuntungan bagi Athletic. Pasalnya pada laga semifinal kedua di kandang mereka di Stadion San Mames, 1 Maret 2024 dini hari WIB, Athletic hanya butuh hasil imbang untuk melangkah ke final.

"Mereka memang diuntungkan karena kami harus menang dengan mencetak minimal dua gol di kandang mereka. Tetapi kami siap menghadapi mereka dan memaksimalkan kesempatan yang ada," ujarnya.

Sementara, Berenguer yang mencetak satu-satunya gol menuturkan bila Athletic menghadapi tekanan yang luar biasa, terutama di babak kedua. Namun mereka mampu mengatasinya.

"Mereka memberi tekanan yang luar biasa, terutama di babak kedua. Namun kami bisa mempertahankan keunggulan. Kemenangan di sini [kandang Atletico] sangat penting bagi kami," ucap Berenguer.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)