أنشرها:

JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani ikutan bangga dengan keberhasilan Timnas Indonesia U-19 jadi juara Piala ASEAN Football Federation (AFF) U-19 tahun 2024. Ia menyebut, Garuda muda telah membuktikan hasil kerja kerasnya dengan baik.

"Dengan penuh kebanggaan, saya mengucapkan selamat kepada seluruh pemain, pelatih, dan staf Timnas Indonesia U-19 atas kemenangan gemilang di Piala AFF U-19 2024. Kemenangan ini merupakan bukti kerja keras, semangat, dan dedikasi yang luar biasa dari Garuda Muda," ujar Puan, Selasa 30 Juli.

Indonesia mengalahkan Thailand 1-0 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya. Jens Raven berhasil membawa Indonesia menjadi juara setelah mencetak gol semata wayangnya pada menit ke-18 pada babak pertama.

"Garuda muda menunjukan taringnya. Dengan semangat dan kerja keras pantang menyerah mereka mampu mengibarkan bendera Indonesia di kancah internasional. Garuda muda menyala!" ungkap Puan.

Puan pun menilai kemenangan Indonesia merupakan dedikasi dan kerja keras seluruh tim, baik atlet Timnas U-19, tim pelatih dan staf yang telah memberikan kontribusi besar. Mereka disebut berhak menerima penghargaan dari negara.

"Kemenangan ini bukan hanya milik para pemain, tetapi juga seluruh tim pelatih dan staf yang telah memberikan kontribusi besar dalam pembinaan dan pengembangan bakat-bakat muda sepakbola Indonesia," terang Puan.

Keberhasilan ini, harus menjadi motivasi bagi seluruh pemain muda Indonesia lainnya untuk terus berprestasi. Puan menilai, prestasi tersebut akan menambah semangat tim-tim Garuda Indonesia di seluruh cabang olahraga.

"Semoga ini menjadi motivasi bagi atlet Indonesia lainnya, termasuk kontingen kita yang tengah berjuang dalam Olimpiade Paris," katanya.

Ditambahkan Puan, generasi muda berprestasi merupakan aset untuk Indonesia karena merekalah calon pemimpin bangsa di masa depan. Untuk itu, ia mengingatkan Pemerintah agar memberikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh atlet berprestasi yang berhasil mengharumkan nama Indonesia.

"Berikan apresiasi dan penghargaan kepada para atlet, pelatihan juga staf yang telah bekerja keras. Mereka harus didukung baik secara moril maupun materil," jelas Puan.

Lebih lanjut, Puan juga mendorong Pemerintah untuk semakin memperbanyak pembibitan atlet-atlet muda tanah air. Tak hanya Pemerintah pusat, tapi juga Pemerintah Daerah.

“Banyak sekali atlet-atlet berprestasi datang dari daerah. Pemerintah harus memaksimalkan potensi-potensi generasi muda dengan mengakomodir melalui program-program penjaringan, pelatihan, dan berbagai sarana lain,” ucap mantan Menko PMK tersebut.

“Tentunya juga dengan mendukung melalui fasilitas yang dibutuhkan para atlet, termasuk dukungan bagi sekolah-sekolah yang memiliki siswa beprestasi dalam bidang olahraga,” sambung Puan.

Di sisi lain, Puan menilai dukungan masyarakat Indonesia yang mengalir deras untuk para atlet pun punya peranan sangat penting. Seperti halnya saat pertandingan Timnas U-19 hingga Tim Garuda muda berhasil meraih kemenangan Piala AFF 2024.

Puan berharap kemenangan ini menjadi momentum kebangkitan sepakbola nasional serta dapat membangkitkan kepercayaan diri para atlet dan masyarakat agar Indonesia bisa lolos ke Piala Asia.

"Dukungan dan doa dari seluruh rakyat Indonesia sangat penting untuk kemajuan sepakbola kita. Mari kita terus mendukung dan mendoakan yang terbaik bagi Timnas Indonesia di setiap ajang yang mereka ikuti," tuturnya.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)