35 Warga Koja Keracunan Usai Diberikan Nasi Boks dari PSI

JAKARTA - Sebanyak 35 warga Kelurahan Koja, Kecamatan Koja, Jakarta Utara keracunan makanan usai menerima pembagian nasi boks dari anggota Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Hal ini dikonfirmasi oleh Ketua RW 06 Koja, Suratman. Menurut Suratman, pembagian nasi boks yang mencantumkan logo PSI itu dilakukan kemarin.

"Nasi boks kita dapat 89 boks. Lalu, ada 35 orang yang tercatat di puskesmas didiagnosis keracunan makanan," kata Suratman saat dihubungi, Senin, 25 Oktober.

Suratman menjelaskan, pembagian makanan dilakukan secara spontan oleh PSI dengan tujuan kepedulian kepada warga.

Lalu, warga Koja pun memakan nasi boks yang berisi nasi dengan lauk telur, buncis, orek tempe, dan sayur tersebut. Ternyata, selang 3 jam kemudian, 35 warga merasakan mual.

"Temuan (keracunan) kurang lebih 2 sampai 3 jam baru merasakan gejala mual, muntah, terus puyeng (pusing). Itu aja yang dirasakan sama warga" ujar Suratman.

Sampai akhirnya, ada 24 warga yang dibawa ke Rumah Sakit Koja untuk menjalani perawatan dan 11 orang memutuskan untuk tetap di rumah.

Lalu, dari puluhan warga yang berobat, sebagian besar sudah diizinkan untuk pulang dan 5 warga menjalani rawat inap.

Terkait peristiwa ini, Suratman mengaku pihaknya telah berkoordinasi dengan PSI untuk penanganan lebih lanjut. "Ini kita lagi klarifikasi, dari pihak PSI juga akan hadir di Balai Warga RW 06 Koja," imbuhnya.