Persipura Jayapura Vs Arema FC: Kekecewaan Jacksen F Tiago, Pujian Eduardo Almeida

JAKARTA - Arema FC berhasil mengalahkankan Persipura Jayapura 1-0 dalam pertandingan pekan kelima Liga 1 2021 di Stadion Madya, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu malam. Gol tunggal tim Singo Edan dicetak Carlos Fortes.

Bagi pasukan Eduardo Almeida, ini merupakan kemenangan perdana setelah empat pekan sebelumnya mereka selalu gagal menuntaskan pertandingan dengan tiga poin.

Melansir laman resmi Arema FC, gol Carlos Fortes bermula dari tendangan bebas Johan Alfarizi, bola disundul Sergio Silva yang membentur mistar gawang Persipura. Kemelut pun terjadi dan Carlos Fortes berhasil menyambar bola untuk membawa Arema unggul 1-0 pada menit ke-7.

Tertinggal 1 gol membuat Persipura mencoba membalas. Tapi upaya-upaya yang dilancarkan Gunansar Mandowen hingga Todd Rivaldo Ferre belum membuahkan hasil.

Pelatih Persipura Jacksen F. Tiago mencoba melakukan rotasi dengan menurunkan dua pemain sekaligus sebelum babak pertama berakhir. Ia menurunkan Theo Filo dan Henrique Motta untuk menggantikan Ricardo Salampessy dan Ian Louis Kabes.

Memasuki babak kedua, Persipura kembali melakukan pergantian pemain. Pemain Rumakiek dimainkan untuk menggantikan Ricky Kayame.

Kehadiran Rumakiek cukup memberi warna dalam serangan Persipura. Pada menit ke-63 pemain 19 tahun itu mendapat peluang yang masih bisa dihalau kiper Arema Adilson Maringa.

Balas-balasan serangan terus terjadi menjelang pertandingan usai. Adilson Maringa dibuat kerja keras, salah satunya menghalau tendangan tepat sasaran yang dilepaskan Todd Rivaldo Ferre.

Arema FC berhasil mempertahankan keunggulan 1-0 atas Persipura sampai wasit mengakhiri pertandingan. Seusai laga, Almeida memuji para pemainnya dengan menyebut kemenangan timnya merupakan buah dari kerja keras.

"Kami tidak punya rahasia khusus untuk memenangkan pertandingan. Kami mungkin bukan tim terkuat di kompetisi ini tetapi juga bukan tim terburuk," kata Eduardo Almeida dalam konferensi pers.

"Kami hanya bekerja keras setiap hari untuk mendapatkan hasil kemenangan," tandasnya.

Sementara itu, Jacksen F Tiago terlihat sangat kecewa dan mengaku anak-anak asuhnya banyak melakukan kesalahan.

“Anak-anak bermain sangat lamban, banyak kesalahan dan agresivitas kami tak maksimal,” ujar Jacksen.

Hasil ini membuat Arema FC naik ke peringkat ke 10 klasemen sementara Liga 1 2021 dengan 6 poin, sedangkan Persipura berada di urutan 15 dengan 4 poin.