Geser Shopee, Tokopedia Berhasil Rajai e-commerce di Indonesia
JAKARTA – Di Indonesia ada dua raksasa ecommerce yang paling mendominasi pangsa pasar Tanah Air, yaitu Tokopedia dan Shopee. Menurut laporan pada kuartal ke-II 2021, ecommerce Tokopedia berhasil merajai ecommerce di Indonesia.
Pengunjung marketplace Tokopedia mencapai 147.790.000 kunjungan web per bulannya. Sedangkan pengunjung bulanan Shopee masih berada di bawah Tokopedia yakni sebanyak 126.996.700 kunjungan web.
Sebelumnya, Tokopedia pernah menjadi ecommerce yang paling banyak dikunjungi di RI pada kuartal IV tahun 2019. Tokopedia juga pernah memuncaki ecommerce dalam negeri pada kuartal IV tahun 2018 hingga kuartal III tahun 2019. Setelah itu, posisi Tokopedia diambil alih oleh Shopee.
Meski kunjungan webnya paling tinggi, namun di Google Play Store dan di Apple App Store, aplikasi Tokopedia menempati peringkat kedua dan keempat di bawah aplikasi Shopee menurut laporan dari iPrice, Selasa 21 September 2021.
Baca juga:
Selain itu, iPrice juga memaparkan bahwa ecommerce Tokopedia dan Shopee mempunyai jumlah kunjungan di atas 100 juta per bulannya. Capaian keduanya belum bisa dilampaui ecommerce lain di Tanah Air. Pasanya ecommerce lain hanya memiliki kunjungan web di bawah 30 juta per bulannya.
Bukalapak tercatat hanya mempunyai kunjungan bulanan sebanyak 29.490.000, sementara Lazada sebanyak 27.670.000 kunjungan. Sedangkan Blibli menempati posisi kelima dengan jumlah kunjungan 18.440.000.
Selain itu, Bhinneka selaku ecommerce elektronik berada di bawah Blibli dengan jumlah 6.996.700 kunjungan web bulanan. Di bawahnya masih ada Orami dan Ralali dengan 6.260.000 dan 5.123.300 pengunjung bulanan. Ecommerce JD.id dan Zalora menempati posisi ke-9 dan 10 dengan jumlah pengunjung web sebanyak 3.763.300 dan 3.366.700.