Beredar Kabar KPK Geledah Rumah SBY dan Temukan Rp177 Triliun, Faktanya Itu Hoaks!

JAKARTA - Beredar kabar di sejumlah media sosial kalau KPK menggeledah rumah Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono. Bahkan katanya KPK menemukan uang Rp117 triliun.

Turn Back Hoax sudah mengecek informasi itu. Infonya uang itu ditemukan saat KPK menggeledah rumah SBY.

"Setelah dilakukan penelusuran, rupanya klaim tersebut tidak benar. Video yang diunggah oleh kanal YouTube dengan nama Roda Politik tersebut hanya berisi pernyataan SBY pada beberapa momen," tulis laman ini, Minggu 19 September.

Memang seharusnya tidak perlu percaya dengan informasi itu. Ada banyak kejanggalan dalam isu yang dilempar channel YouTube Roda Politik.

Tidak jelas dalam kasus apa penggeledahan itu dilakukan. Dan uang --yang katanya Rp177 triliun-- terbilang sangat banyak untuk ukuran cash.

Salah satu cuplikan dalam video tersebut berisi pernyataan saat SBY singgung pemberitaan Asia sentinel. Selain berisi pernyataan SBY, video tersebut juga berisi cuplikan pernyataan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo terkait permintaannya kepada KPK agar segera menyelesaikan kasus Century.

Dengan demikian informasi yang beredar di Facebook terkait KPK menggeledah rumah SBY tersebut tidak benar, sehingga informasi tersebut masuk dalam kategori konten palsu.