Mengenal "Kota Atlantis" dari Italia yang Kembali Terlihat Setelah Puluhan Tahun Tenggelam

JAKARTA - Kota Fabbriche di Careggine di Italia yang pernah tenggelam kini kembali terlihat dari permukaan danau. Untuk pertama kalinya "Atlantis" dari Italia ini kembali terlihat setelah hancur lebih dari dua dekade silam. 

Mengutip Live Science, Fabbriche di Careggine merupakan sebuah kota yang sudah ada sejak abad ke 12. Kota yang terdiri dari 31 rumah dan sebuah gereja ini pernah dihuni sekitar 150 penduduk. 

Selama ratusan tahun, kota kecil itu merupakan surga bagi para pandai besi menurut La Repubblica. Namun pada tahun 1946 riwayat kota tersebut terhenti ketika perusahaan energi Italia, Enel membangun bendungan hidroelektrik di lembah sekitarnya. Penduduk kota dievakuasi ke desa terdekat, dan kota itu dibanjiri air dan menjadi danau buatan, Vagli. 

Setelah 75 tahun berada di dasar danau, pengunjung yang penasaran dengan Atlantisnya Italia itu sempat dapat melihat ketika danau dikeringkan. Terakhir mereka bisa melihat kota tersebut pada 1994. 

Fabbriche di Careggine terlihat ketika Danau Vagli dikeringkan (Sumber: Wikimedia Commonse)

Lalu anak dari mantan walikota kota setempat, Lorenza Giorgi baru-baru ini mengatakan danau itu kemungkinan akan dikeringkan lagi pada 2021 menurut CNN. Sementara perusahaan Enel juga mengatakan bahwa mereka mulai membahas rencana pengeringan danau, baik untuk membersihkan Danau Vagli, maupun untuk meningkatkan pariwisata di dearah tersebut. 

Usut punya usut prospek pariwisata pengunjung "kota hantu" ini ternyata cukup menarik minat banyak orang. Pada 1994 misalnya, saat danau ini mengering sekitar 1 juta wisatawan berbondong-bondong menyaksikan kota tersebut.