Laporan Dicabut, YouTuber Ferdian Paleka Bebas

JAKARTA - Hampir satu bulan Ferdian Paleka dan rekan-rekannya mendekam di balik jeruji besi terkait perkara konten video pembagian bantuan palsu yang dianggap tak bermoral. Tetapi, Ferdian kini bisa bernafas lega lantaran dinyatakan bebas.

Bebasnya YouTuber kontroversial asal kota Bandung ini usai dua korban yang merupakan transpuan mencabut laporan. Mereka memilih tak menggunakan jalur pidana untuk menyelesaikan permasalahan.

Kasat Reserse Kriminal Polrestabes Badung AKBP Galih Indragiri membenarkan perihal tersebut. Ferdian Paleka dan beberapa rekannya dibebaskan sejak hari ini atau Kamis, 4 Juni. Dengan pencabutan laporan oleh para korban tersebut, sehingga penyidik wajib menghentikan penyelidikan.

Alasannya, perkara konten video pembagian bantuan palsu yang dianggap tak bermoral merupakan delik aduan. Dengan dasar itu, Ferdian Paleka dibebaskan.

"Iya betul. Ferdian cs siang ini kami bebaskan, dasarnya para korban mencabut laporan dikarenakan kedua pihak sudah berdamai dan saling memaafkan," ucap Galih dalam keterangannya, Kamis, 4 Juni.

Pembebasan Ferdian Paleka, kata Galih, sempat menuai banyak pertanyaan. Terlebih dari kaum transpuan di Jawa Barat. Mereka sangat menyayangkan keputusan itu karena tindakan Ferdian sangat merendahkan harga diri seseorang.

Akan tetapi, para transpuan itu tak sampai menuntut pihak kepolisan untuk tetap memenjarakan youtuber kontroversial itu. Sehingga, Ferdian dan rekan-rekannya tetap dibebaskan.

"Dari kaum transpuan seluruh Jawa Barat tidak setuju dan menyayangkan pencabutan (laporan) tersebut karena hal pelecehan seperti itu akan terus berulang," kata Galih.

Sebelum bebas, Ferdian dan teman-temannya sempat mengajukan sebagai tahanan kota, bukan tahanan sel. Hal itu ditempuh karena mereka mengklaim mendapat perundungan alias menjadi korban peloncoan di sel tahanan. 

Namun, jawaban dari polisi bukan menjawab permohonan tahanan kota. Polisi mengatakan, akan memeriksa pihak-pihak yang melakukan perundungan terhadap Ferdian.

Namun, hal itu tentunya sudah tidak menjadi persoalan bagi Ferdian dan kawan-kawannya. Sebab, saat ini dia sudah bisa menghirup udara bebas karena laporannya dicabut oleh pelapor.